Fenomena Permainan Viral Latto-Latto, dari Mana Asal-usulnya?

Jum'at, 30 Desember 2022 - 23:10 WIB
loading...
Fenomena Permainan Viral Latto-Latto, dari Mana Asal-usulnya?
Permainan latto-latto belakangan ini kembali viral. Foto/Shutterstock
A A A
JAKARTA - Permainan latto-latto belakangan ini kembali viral. Tak hanya dimainkan oleh anak-anak, permainan ini belakangan juga digandrungi oleh orang dewasa di Indonesia.

Fenomena permainan latto-latto mendadak banyak ditemui di lorong-lorong komplek, sudut-sudut kota, ataupun di pedesaan. Tak hanya populer di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan, permainan ini juga sudah banyak ditemui di daerah lainnya.

Tak sedikit anak yang antusias untuk membeli permainan latto-latto. Para pedagang mainan yang menjual latto-latto pun mendadak kebanjiran pembeli.



Lantas seperti apa permainan latto-latto yang kini tengah viral itu? Berikut ulasannya, dirangkum dari beberapa sumber, Jumat (30/12/2022).

Apa Itu Latto-Latto?

Latto-latto merupakan mainan berbentuk dua bola yang dikaitkan dengan seutas tali. Cara bermainnya yakni dengan menggunakan sebelah tangan yang ditarik ke atas.

Dari ketukan antara dua bola tersebut menghasilkan bunyi ‘tak tok tak tok tak tok’. Banyak anak sudah sangat lihai bermain permainan ini.

Ketukan yang mengeluarkan bunyi senada semakin membuat anak-anak bersemangat dalam bermain latto-latto. Sementara di Kota Kendari, permainan ini disebut dengan nama yang berbeda yakni katto-katto. Kedua istilah ini berasal dari bahasa daerah yang memiliki makna benda menghasilkan bunyi dari ketukan.

Permainan ini bisa didapatkan dengan mudah ditemui di pedagang-pedagang kaki lima. Bahkan, mainan viral ini sudah dijual di platform penjualan online dengan harga mulai Rp5 ribuan. Toko-toko online itu menjual mainan tersebut menggunakan kata kunci ‘latto-latto viral’.



Banyak selebgram merespons fenomena mainan viral ini dengan membuat konten video di akun TikTok. Salah satunya akun @bambangmosaja_ yang sering memposting Arnold, sosok bocah asal Makassar yang gemar bermain latto-latto.

Konten video itu pun viral hingga sudah ditonton berjuta-juta kali oleh pengguna TikTok. Siapa Arnold?

Ia adalah bocah Lorong di Kota Makassar yang gemar bermain mainan viral tersebut. Arnold disebut sebagai suhu atau pemain andal latto-latto. Pasalnya, bocah ini memainkan latto-latto dengan gayanya sendiri dan bahkan memiliki trik sendiri.

Arnold juga memiliki banyak koleksi permainan viral ini. Ia selalu membawa mainan tersebut ke mana pun pergi. Nama Arnold kini menjadi trending pencarian teratas di TikTok dengan kata kunci ‘Arnold main latto-latto’.

Asal-usul Latto-Latto

Permainan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 1960-an dan berasal dari Amerika Serikat yang memiliki nama Click Clacks atau disebut juga Clackers Balls Toy.

Bentuk permainan Click Clacks dengan latto-latto ini sangat mirip, yang membedakan hanyalah bahannya. Mainan versi Amerika Serikat itu menggunakan bahan tali yang cukup tebal, sementara di Indonesia menggunakan tali yang sedikit tipis.

Cara bermainnya pun sama, yakni menggerak-gerakkan tangan ke atas sampai akhirnya dua bola saling berketukan dan menghasilkan bunyi. Bahkan, jika sudah mahir memainkannya, latto-latto bisa dibunyikan dengan berbagai macam gaya.

Sayang, permainan satu ini ditarik dari peredaran di pasar Amerika Serikat dan Kanada. Pasalnya ada laporan soal anak-anak yang terluka saat bermain mainan tersebut.

Permainan yang cukup berat terbuat dari plastic akrilik keras dan bergerak cepat, membuat bola terkadang pecah saat saling bertabrakan. Sehingga Calckers ini kembali didesain ulang di tahun 1990-an dengan menggunakan plastic modern yang tidak akan pecah.

Pada pegangannya, terdapat dua segitiga berlawanan yang berayun bebas dan bola pemberat di ujung Clackers. Di tahun 2017, mainan ini dihidupkan kembali di Mesir dan menjadi permainan anak-anak di sekolah.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1141 seconds (0.1#10.140)