6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering yang Bisa Dilakukan di Rumah

Selasa, 03 Januari 2023 - 23:35 WIB
loading...
6 Cara Mengatasi Kulit Wajah Kering yang Bisa Dilakukan di Rumah
Kulit kering bisa terasa gatal, dan mungkin terlihat bersisik serta bergelombang atau bercak berubah warna, sehingga tampak kusam atau kasar. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kulit kering di wajah mungkin merupakan gejala dari kondisi kulit seperti eksim, atau faktor lainnya, termasuk perubahan suhu atau kelembaban dan penggunaan sabun dengan bahan kimia yang keras.

Kulit secara alami menghasilkan minyak yang disebut sebum. Ketika kulit menghasilkan terlalu banyak minyak, ini dapat menyebabkan jerawat.

Akan tetapi, memiliki sebum pada kulit penting untuk menjaganya tetap terhidrasi dan melindungi sel dari infeksi.

Baca juga: Rumah Tangga Mpok Alpa Nyaris Kandas Gara-Gara Ditipu Teman hingga Rp1,3 M

Kulit yang tidak menghasilkan cukup sebum bisa menjadi kering. Kulit kering bisa terasa gatal, dan mungkin terlihat bersisik dan bergelombang atau bercak berubah warna. Kulit tampak kusam atau kasar.

Penyebab umum kulit kering

Beberapa penyebab potensial kulit kering atau dehidrasi pada wajah antara lain cuaca dingin, udara kering, paparan bahan kimia keras dalam sabun atau produk lainnya, mencuci kulit secara berlebihan, dan pH kulit tidak seimbang.

Kemudian, karena kondisi kulit, seperti dermatitis atopik, dermatitis seboroik, dan psoriasis. Faktos selanjutnya ada diabetes, hipotiroidisme, merokok, serta menghabiskan terlalu banyak waktu di bawah sinar matahari langsung.

Orang dapat merawat kulit kering menggunakan beberapa metode berbeda. Pilihan perawatan terbaik tergantung pada penyebab kulit kering seseorang dan tingkat keparahannya.

Perawatan juga bervariasi, di antara jenis kulit yang berbeda, bisa normal, kering, berminyak, atau kombinasi. Berikut adalah 6 perawatan untuk menghilangkan kulit kering pada wajah, seperti dilansir dari laman Medical News Today.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)