Simak! Begini Cara Membedakan Kerupuk Kulit Sapi dan Babi yang Wajib Anda Ketahui

Jum'at, 06 Januari 2023 - 22:55 WIB
loading...
Simak! Begini Cara Membedakan Kerupuk Kulit Sapi dan Babi yang Wajib Anda Ketahui
Cara membedakan kerupuk kulit sapi dan babi, diantaranya terlihat melalui warna. Foto/Instagram @alfathmart.id
A A A
JAKARTA - Kerupuk merupakan salah satu camilan yang jadi favorit banyak orang. Bahkan orang Indonesia sendiri menjadikan kerupuk sebagai makanan pendamping yang wajib ada.

Kerupuk sendiri banyak jenisnya, salah satunya adalah kerupuk kulit. Kebanyakan kerupuk terbuat dari kulit sapi. Namun ternyata ada juga lho yang menjual kerupuk dari kulit babi.

Bagi umat Islam, mengonsumsi hewan babi adalah hal yang haram, termasuk kulit babi. Untuk Itu, Anda harus berhati-hati saat membeli kerupuk kulit.

Nah kali ini MNC Portal akan merangkum cara membedakan kerupuk kulit sapi dan babi. Berikut ulasannya dari kanal YouTube Al Nizam, Jumat (6/1/2023).



1. Warna

Cara membedakan yang pertama bisa dilihat dari warnanya. Kerupuk kulit sapi cenderung memiliki warna yang keruh dan kecoklatan sementara kerupuk kulit babi berwarna putih dan cerah.

2. Tekstur

Selain itu, bisa juga dilihat dari teksturnya. Kerupuk kulit sapi memiliki tekstur yang renyah dan agak keras. Biasanya kerupuk kulit sapi dijadikan sebagai bahan tambahan sayur. Saat dicampur ke dalam kuah sayur, kerupuk kulit sapi cenderung kenyal dan tidak mudah hancur. Sementara itu, kerupuk kulit babi teksturnya renyah karena rongga di dalam kulit babi lebih halus.

3. Harga

Untuk harga sendiri antara kerupuk kulit sapi dan babi ini tentunya berbeda. Kerupuk kulit sapi memiliki harga yang lebih mahal dibanding babi. Kerupuk kulit sapi biasanya dijajakan di pasar, sementara kerupuk kulit babi bisa dengan mudah ditemukan di daerah pecinan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2182 seconds (0.1#10.140)