Mengenal Penyakit Hiportemia, Kondisi Medis Darurat Seperti yang Dialami 799 Orang di Skotlandia

Minggu, 08 Januari 2023 - 16:30 WIB
loading...
Mengenal Penyakit Hiportemia, Kondisi Medis Darurat Seperti yang Dialami 799 Orang di Skotlandia
Hipotermia merupakan kondisi medis darurat saat suhu tubuh turun secara drastis hingga di bawah 35 derajat celcius. Foto/Ilustrasi/Premiere Health
A A A
JAKARTA - Musim dingin yang tengah terjadi di negara-negara empat musim, memicu berbagai penyakit hingga kondisi medis kegawatdaruratan.

Berdasarkan laporan yang diterima oleh Scottish Ambulance Service (SAS) atau layanan ambulan Skotlandia terdapat 799 orang dilarikan ke rumah sakit sejak 1-18 Desember dengan keluhan Hipotermia , didefinisikan sebagai suhu yang kurang dari 35 derajat celcius.

Hipotermia sendiri tak hanya bisa dialami oleh orang-orang yang tinggal di negara empat musim dengan cuaca yang ekstrem, beberapa pendaki gunung juga kerap mengalami kondisi satu ini. Lantas apa itu Hipotermia dan apa saja penyebabnya? berikut adalah ulasannya.

Hipotermia

Sebagaimana dilansir Mayo Clinic,Minggu(8/1/2023), Hipotermia merupakan kondisi medis darurat saat suhu tubuh turun secara drastis hingga di bawah 35 derajat celcius.



Di mana tubuh kehilangan panas lebih cepat dari yang dihasilkan, sehingga hal tersebutlah yang menyebabkan suhu tubuh yang sangat rendah. Karena suhu tubuh normal biasanya berada di suhu 37 derajat celcius.

Ketika suhu tubuh Anda turun, jantung, sistem saraf, dan organ lainnya tidak dapat bekerja secara normal. Jika tidak diobati, hipotermia dapat menyebabkan kegagalan jantung dan sistem pernapasan dan yang paling menakutkan adalah kematian.

Hipotermia sering disebabkan oleh paparan cuaca dingin atau perendaman dalam air dingin. Perawatan utama untuk hipotermia adalah metode menghangatkan tubuh kembali ke suhu normal.

Gejala
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2130 seconds (0.1#10.140)