Muncul Varian Covid-19 Kraken, WHO Sebut Paling Menular

Senin, 09 Januari 2023 - 09:28 WIB
loading...
Muncul Varian Covid-19 Kraken, WHO Sebut Paling Menular
Varian Coid-19 baru dengan nama Kraken ditemukan. Sampai saat ini varian terebut sudah teridentifikasi di 29 negara dengan mempunyai kode XBB.1.5. Foto/Vitrosens Biotechnology
A A A
JAKARTA - Varian Coid-19 baru dengan nama Kraken ditemukan. Sampai saat ini varian terebut sudah teridentifikasi di 29 negara dengan mempunyai kode XBB.1.5.

Kraken merupakan turunan dari subvarian Omicron XBB yang merupakan persilangan antar dua galur sebelumnya, BA.2.75 dan BA.2.10.1. Kasus varian Kraken masih 1 persen dari total kasus di dunia.

Meski begitu, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) memperkirakan akan terjadi lonjakan berarti kasus varian Kraken ini.

"Varian ini bertanggung jawab atas 41 persen dari semua infeksi di AS. Di negara bagian timur laut, angka kasusnya melonjak di atas 70 persen," jelas laporan Seattle Times dilansir Senin (9/1/2023).





Angka kasus tersebut sejalan dengan temuan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) . Menurut Kepala Teknis Covid-19 WHO Maria Van Kerkhove, varian Kraken adalah subvarian paling menular yang pernah terdeteksi.

Meski baru 29 negara yang melaporkan keberadaan varian ini, WHO mengimbau untuk tidak lengah. Sebab, ada kemungkinan varian Kraken banyak ditemukan di negara lain, karena berkembang biak diam-diam akibat tes Covid-19 yang semakin lemah.

"Karakter dari varian ini adalah punya afinitas yang lebih kuat terhadap ACE2 atau reseptor kunci untuk virus yang memungkinkan varian itu mengikat lebih mudah dan meningkatkan penularannya," jelas laporan tersebut.

Hingga saat ini belum ada perbedaan signifikan dalam tingkat keparahan yang dilaporkan antara kasus yang disebabkan varian Kraken dengan varian sebelumnya. Meski begitu, para ilmuwan melihat adanya potensi keparahan, karena varian ini mampu melepaskan diri dari serangan antibodi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2217 seconds (0.1#10.140)