Aksi Guyur Air yang Viral di TikTok Dianggap Ngemis Cara Baru, Ini Kata Psikolog

Senin, 09 Januari 2023 - 17:20 WIB
loading...
Aksi Guyur Air yang Viral di TikTok Dianggap Ngemis Cara Baru, Ini Kata Psikolog
Aksi live guyur air atau lumpur tengah viral di media sosial TikTok. Hal itu dianggap mengemis cara baru karena mengharapkan saweran hadiah dari penonton. Foto/Twitter @tanyakanrl
A A A
JAKARTA - Di TikTok kini menjamur konten-konten yang dibuat sejumlah akun tentang live dengan memperlihatkan aksi guyur air atau lumpur. Bahkan beberapa dianataranya melakukan aksi konyol demi bisa disawer penonton.

Saweran penonton tersebut ternyata bisa diuangkan dan itu juga yang menjadi alasan banyak pengguna TikTok melakukan aksi konyol tersebut.

Sayang, perilaku ini dianggap netizen sebagai aksi ngemis cara baru. Saweran dalam bentuk stiker beraneka nilai tersebut diincar oleh banyak pengguna TikTok dan untuk mendapatkannya, tak jarang nenek-nenek dilibatkan.

Satu siaran live TikTok yang memperlihatkan aksi guyur air viral di Twitter. Tangkapan layar akun @tanyakanrl mendapat perhatian netizen lebih dari 2 juta akun.

"Guys, ini termasuk eksploitasi gak sih? Ibunya disuruh live sama anaknya, terus anaknya di belakang kamera," tulis si netizen di unggahan yang dibagikan beberapa hari lalu.



Gak cuma satu akun TikTok yang melakukan aksi ini. Netizen dengan akun @doiienana menemukan 3 akun melakukan aksi guyur air yang dinilai sebagai cara ngemis baru tersebut.

Kontennya sama, orang di siaran live akan rela melakukan apapun sesuai permintaan penontonnya yang sudah nyawer. Tak jarang, beberapa pelaku aksi kedinginan dan berita terbaru melaporkan ada ibu-ibu yang sampai pingsan.

Aksi seperti ini masih banyak ditemukan di TikTok. Lantas, bagaimana pandangan Psikolog Klinis Meity Arianty melihat aksi guyur air ini?

Menurut Meity Arianty, saat ini hampir semua orang melakukan segala cara buat mendapatkan apa yang diinginkan, termasuk pengguna media sosial.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3343 seconds (0.1#10.140)