Hadapi Ancaman Resesi 2023, Kemenparekraf Akan Fokus Kunjungan Wisatawan Mancanegara

Senin, 09 Januari 2023 - 21:51 WIB
loading...
Hadapi Ancaman Resesi 2023, Kemenparekraf Akan Fokus Kunjungan Wisatawan Mancanegara
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno telah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi ancaman resesi di 2023. / Foto: ilustrasi/dok. Kemenparekraf
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno telah menyiapkan strategi khusus untuk menghadapi ancaman resesi di 2023.

Menurut Sandiaga Uno, pihaknya akan fokus meraih target kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di negara-negara yang berpotensi untuk berwisata ke Indonesia.

Hal tersebut, lanjut Sandiaga, juga akan berdampak terhadap jumlah kunjungan wisatawan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga: Tanggapi Musibah Speedboat, Sandiaga Uno: Standar Keselamatan Akan Lebih Ditingkatkan

"Kami akan arahkan, fokus kita pada pasar-pasar besar, termasuk India yang mana peningkatannya luar biasa. Lalu Australia dan Selandia Baru yang tidak masuk zona resesi. Malaysia dan Singapura yang masih tumbuh," tuturnya dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (9/1/2023).

Lebih lanjut, pihaknya juga tidak hanya fokus terhadap kunjungan wisman. Namun wisatawan nusantara juga sangat berpengaruh terhadap kemajuan sektor Parekraf.

Untuk memancing lebih banyak lagi wisnus, kata dia, akan digelar kegiatan atau event-event seperti wisata kuliner, shopping hingga potensi wisata yang ada serta dimiliki daerah masing-masing.

Baca juga: Usai PPKM Dicabut, Sandiaga Uno Yakin Destinasi Wisata Indonesia Paling Banyak Diminati Wisman

"Dan kami melihat, bahwa kekuatan ekonomi domestik kitalah akan menjadi tulang punggung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ungkapnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)