4 Rekomendasi Rumah Makan Khas di Palembang, Semuanya Pernah Dikunjungi Jokowi

Minggu, 15 Januari 2023 - 20:30 WIB
loading...
4 Rekomendasi Rumah Makan Khas di Palembang, Semuanya Pernah Dikunjungi Jokowi
Salah satu rumah makan di Palembang yang pernah dikunjungi Jokowi. Foto/Instagram @jokowi
A A A
PALEMBANG - Kuliner Palembang tampaknya berhasil memikat hati Presiden Jokowi. Ya, belakangan orang nomor satu di Indonesia ini kerap menikmati sejumlah kuliner khas di Kota Pempek itu.

Kecintaan terhadap kuliner khas Palembang bahkan diabadikan Jokowi dalam sebuah video singkat yang diunggah di akun Instagramnya baru-baru ini. Dalam video tersebut, Jokowi tampak ingin menunjukkan bahwa Palembang merupakan satu dari sekian banyak daerah Indonesia yang memiliki rumah-rumah makan dengan menu yang khas.

“Suatu hari saya datang ke Palembang dan mampir di satu rumah makan yang menyajikan aneka masakan pindang. Rumah Makan Sri Melayu. Berbaur dengan pengunjung lain, saya begitu menikmati sajian makanan khas Palembang di rumah makan ini. Semoga satu saat bisa kembali lagi,” tulis Jokowi dalam keterangan unggahan di akun Instagramnya, Minggu (15/1/2023).



“Rumah-rumah makan dengan menu khas memang bertebaran di kota Palembang. Anda yang datang kesana, jangan kembali sebelum menikmati aneka makanan khasnya,” lanjut sang Presiden.

Lantas, rumah makan khas apa saja yang didatangi Jokowi saat bertandang ke Palembang? Berikut informasinya.

1. Warung Terapung Mbok War
4 Rekomendasi Rumah Makan Khas di Palembang, Semuanya Pernah Dikunjungi Jokowi

Foto/Instagram @jokowi

Saat berkunjung ke rumah makan unik satu ini, Jokowi langsung jatuh cinta dengan aneka masakan pindang yang disajikan.

Pindang buatan Mbok War cukup unik. Rumah makan ini berada di atas Sungai Musi, tepatnya di atas kapal. Jika ada ombak dari kapal yang lewat, maka restoran ini akan ikut bergoyang oleh ombak.

Ya, lokasi warung ini benar-benar terapung di atas Sungai Musi. Sebab, warung berada di sebuah perahu yang dicat dengan warna merah yang tampak mencolok.

Dari berbagai menu olahan pindang yang tersedia di sini, ada salah satu menu terlaris dari Warung Terapung Mbok War, yakni pindang pegagan. Sebagai informasi, pindang pegagan adalah menu khas warung Mbok War yang berasal dari daerah Muara Penimbung, Ogan Ilir.

Secara bentuk, pindang pegagan memiliki kuah yang warnanya merah kekuningan. Saat diseruput, kuah terasa segar dengan perpaduan rasa asam dan pedas yang ringan. Yang membedakan pindang pegagan dan olahan pindang lain adalah tampilannya yang tidak terlalu berminyak.

Selain pindang pegagan, ada banyak olahan pindang lain yang bisa dicoba di warung ini seperti pindang tulang, pindang ikan patin, pindang udang, sampai pindang ikan gabus. Jika tidak ingin pindang, Anda juga bisa memesan menu lain seperti ayam bakar ataupun ayam goreng.

2. Pempek EK Dempo 103
4 Rekomendasi Rumah Makan Khas di Palembang, Semuanya Pernah Dikunjungi Jokowi

Foto/Instagram @jokowi

Bertandang ke Palembang tak hanya berburu ikan pindang yang terkenal dengan cita rasanya yang “nendang”. Anda juga wajib berburu kuliner khas yang terkenal, yakni pempek.

Namun, dari sekian banyak pempek yang ada di kota ini, terdapat salah satu pempek legendaris yang namanya sudah terkenal di kalangan pecintanya, yakni Pempek EK Dempo 103.



Pada 1982 hingga 2015 seorang warga asli Palembang, yaitu Bpk. Rudi/EK memulai usaha menjual pempek. Karena kegigihan dan keahliannya dalam mengolah kudapan khas Palembang, kini usaha yang dia tekuni sendiri sudah mencapai usia 30 tahun.

Jika sudah mampir ke rumah makan Pempek EK Dempo 103 rasanya wajib mencoba beberapa menu andalannya karena pempek di sini terbuat dari adonan ikan belida 100% asli tanpa dicampur dengan ikan lain. Ikan yang diolah dan dibuat pempek tersebut didapatkan oleh seorang pengusaha ikan belida asli Palembang.

3. RM Sri Melayu
4 Rekomendasi Rumah Makan Khas di Palembang, Semuanya Pernah Dikunjungi Jokowi

Foto/Instagram @jokowi

Satu lagi rumah makan yang menyajikan pindang terenak, yakni RM Sri Melayu yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun No. 1, Kec. Ilir Barat I, Kota Palembang, Sumatera Selatan.

RM Sri Melayu dirancang sedemikian rupa dengan konsep alam dan nuansa pedesaan untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan.

RM Sri Melayu menyajikan berbagai macam makanan khas bercita rasa Nusantara untuk sayur dan lauknya dengan menu andalan pindang. Hingga saat ini, rumah makan Sri Melayu tetap konsisten dengan menyajikan masakan khas daerah Sumatera Selatan yaitu berbagai macam pindang.

4. Pempek & Es Kacang Vico
4 Rekomendasi Rumah Makan Khas di Palembang, Semuanya Pernah Dikunjungi Jokowi

Foto/Instagram @jokowi

Satu lagi tempat pempek yang juga sempat dikunjungi Presiden Jokowi saat di Palembang, yakni Pempek & Es Kacang Vico yang lokasinya ada di dekat PIM (Palembang Indah Mall).

Tak hanya memiliki cita rasa yang lezat dan es kacangnya yang segar, harga pempek di sini cukup terjangkau, sekitar Rp4.400 per buah. Sambil menikmati pempek, jangan lupa memesan es kacang merah yang seporsinya dihargai Rp17.000.

Outlet mereka pada awalnya berlokasi di kawasan Plaju, Kota Palembang. Namun, seiring perkembangan kota berjuluk Bumi Sriwijaya yang kian pesat, akhirnya outlet Pempek Vico pindah ke Jalan Letkol Iskandar sampai sekarang.

Bahkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di luar kota atau yang rumahnya cukup jauh, produsen menyediakan layanan order online.

Pempek Vico menyediakan berbagai macam jenis pempek khas Palembang, mulai lenjer kecil, telur kecil, adaan atau bulat, pempek kulit, pempek keriting, lenjer besar, dan kapal selam.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1134 seconds (0.1#10.140)