Ingatkan Pelaku Parekraf Jaga Kebersihan hingga Keselamatan, Sandiaga Uno: Wisatawan Harus Nyaman

Senin, 16 Januari 2023 - 19:42 WIB
loading...
Ingatkan Pelaku Parekraf Jaga Kebersihan hingga Keselamatan, Sandiaga Uno: Wisatawan Harus Nyaman
Menparekraf Sandiaga Uno mengimbau kepada seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), akan pentingnya menjaga kebersihan, kesehatan, keamanan, keselamatan dan keberlanjutan. Foto/Dok.MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengimbau kepada seluruh pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf), akan pentingnya menjaga kebersihan, kesehatan, keamanan, keselamatan dan keberlanjutan. Hal tersebut merupakan kunci utama bagi menyambut wisatawan nusantara maupun mancanegara (wisnus dan wisman).

"Dan wisatawan harus nyaman dan menyenangkan, menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata unggulan," ujarnya dalam Weekly Press Brief with Sandi Uno secara virtual, Senin (16/01/2023).

Lebih lanjut, Sandiaga juga mengingatkan agar semua pihak khususnya pelaku Parekraf, agar bergotong royong guna mencapai target 7,4 wisman pada tahun 2023 ini. Di mana angka tersebut dua kali lipat dari target sebelumnya.

Sandiaga menyebut, untuk mencapai itu semua perlu adanya kolaborasi dari berbagai pihak. Agar target 7,4 juta wisman itu bisa diraih dengan tepat sasaran. Serta nanti kedepannya, dapat memajukan ekonomi di Indonesia.



"Ini (jumlah target) dua kali lipat dari target tahun lalu, hanya bisa dicapai dengan kolaborasi," katanya.

Sementara itu, kata Sandiaga, pihaknya sudah meninjau langsung ke Bandara Internasional Soekarno-Hatta, bersama Dirjen Imigrasi baru untuk memastikan pelayanan cepat bagi para pengunjung, khususnya warga negara asing (WNA).

Terlebih lagi, berkaitan dengan elektronik visa on arrival yang akan terus digencarkan. Sehingga wisman yang datang ke Indonesia akan lebih cepat dan nyaman saat menggunakannya.

"Khususnya berkaitan dengan elektronik visa on arrival, akan semakin kita tingkatkan sosialisasinya," terangnya.

"Produk-produk baru seperti second home visa yang nanti akan memiliki turunan produk golden visa, special talent digital investor," tambahnya.

Ia melanjutkan, bagi para pelaku industri yang ingin berinvestasi, pemerintah akan memberikan karpet merah untuk perkembangan ekonomi Indonesia menuju Indonesia Maju.

"Dan tentunya kita semua sepakat untuk melakukan monitoring dan evaluasi, bagaimana target pencapaian 7,4 juta wisman ini bisa tercapai," pungkasnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3759 seconds (0.1#10.140)