Bukan Sekadar Hiburan di Perayaan Tahun Baru Imlek, Ini Sederet Fakta tentang Barongsai

Rabu, 18 Januari 2023 - 14:54 WIB
loading...
Bukan Sekadar Hiburan di Perayaan Tahun Baru Imlek, Ini Sederet Fakta tentang Barongsai
Pada perayaan Tahun Baru Imlek biasanya disajikan pertunjukan barongsai, yang diiringi musik nyaring untuk membakar semangat. / Foto: dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Beberapa hari lagi Tahun Baru China atau yang biasa disebut Imlek akan tiba. Tahun Baru Imlek ini biasanya terdapat pertunjukan barongsai, yang diiringi musik nyaring untuk membakar semangat.

Barongsai sudah menjadi bagian dari budaya China sejak dulu. Seni pertunjukan ini diyakini bukan sekadar hiburan, tetapi simbol spiritual.

Kali ini, akan coba dikulik lebih jauh beberapa fakta barongsai yang harus diketahui. Dilansir dari laman China Highlights, Rabu (18/1/2023), berikut penjelasannya.

Baca juga: Kata Barongsai Ternyata Diambil dari Bahasa Jawa dan Hokkian

1. Simbol di Balik Barongsai

Dalam budaya China, singa melambangkan kekuatan, kebijaksanaan, dan keunggulan. Orang-orang menghadirkan pertunjukan barongsai diyakini agar membawa keberuntungan sekaligus mengusir roh jahat.

Di perayaan Imlek, barongsai hadir sebagai simbol pembawa kemakmuran dan keberuntungan. Dengan menghadirkan barongsai, ini juga diharapkan membawa sukacita dan kebahagiaan bagi orang lain.

2. Kostum Barongsai

Satu barongsai biasanya dibawakan oleh dua orang, satu bertugas menjaga kepala, satunya lagi tubuh bagian belakang. Agar konsepnya semakin nyata, kaki penari dipakaikan kostum serupa dengan badan barongsai.

3. Musik Barongsai
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9162 seconds (0.1#10.140)