Sejarah dan Perjalanan Barongsai, Sempat Dilarang di Masa Orde Baru

Rabu, 18 Januari 2023 - 20:29 WIB
loading...
A A A
Sejarah Masuknya Barongsai ke Indonesia

Barongsai tiba di Indonesia diperkirakan pada abad ke-17. Migrasi China Selatan ke Indonesia menjadi awal mula masuknya seni pertunjukan ini.

Namun, barongsai populer di Indonesia sejak adanya perkumpulan Tiong Hoa Hwe Koan. Perkumpulan itu punya peran juga memperkenalkan barongsai ke masyarakat di seluruh Indonesia.

Sejarah mencatat bahwa barongsai pernah dihilangkan dari Indonesia pada 1965 setelah meletusnya Gerakan 30 S/PKI. Segala bentuk kebudayaan China dibungkam di tanah pertiwi.

"Barongsai dimusnahkan dan tidak boleh dimainkan lagi di masa itu," ungkap laporan ilmiah dikutip dari Library Binus.



Berjalannya waktu, pada 1998, di saat politik Indonesia berubah, kesenian barongsai bangkit kembali. Perkumpulan barongsai eksis kembali ke permukaan, dan sejak saat itu barongsai kembali populer.

Ada catatan menarik tentang barongsai di Indonesia. Dikatakan bahwa pada zaman pemerintahan Soeharto, barongsai sempat tidak diizinkan untuk dimainkan.

Satu-satunya tempat di Indonesia yang bisa menampilkan barongsai secara besar-besaran adalah di Kota Semarang, tepatnya di panggung besar klenteng Sam Poo Kong atau dikenal juga dengan nama Klenteng Gedong Batu.

Baca juga: Kata Barongsai Ternyata Diambil dari Bahasa Jawa dan Hokkian
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1680 seconds (0.1#10.140)