Perusahaan Rekrutmen Jepang Onodera User Run Hadir di Indonesia, Siap Latih Tenaga Kerja Muda secara Gratis

Rabu, 18 Januari 2023 - 15:15 WIB
loading...
Perusahaan Rekrutmen Jepang Onodera User Run Hadir di Indonesia, Siap Latih Tenaga Kerja Muda secara Gratis
Perusahaan rekrutmen tenaga kerja asal Tokyo, Jepang, Onodera User Run, membuka pusat pelatihan bagi anak muda Indonesia guna memperoleh kualifikasi keterampilan khusus di Jakarta pada Rabu (18/1/2023). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Perusahaan rekrutmen tenaga kerja asal Tokyo, Jepang, Onodera User Run, membuka pusat pelatihan bagi anak muda Indonesia guna memperoleh kualifikasi keterampilan khusus di Jakarta pada Rabu (18/1/2023).

Pusat pelatihan bernama Onodera User Run (OUR) Indonesia Jakarta Center yang berlokasi di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan, ini memberikan pelatihan secara gratis kepada tenaga-tenaga muda dengan rentang usia 18-25 tahun yang berminat bekerja di Jepang melalui skema specified skilled worker.

Pusat pelatihan tersebut saat ini baru memberikan pelatihan bahasa Jepang yang bisa ditempuh selama 4,5 bulan, serta pelatihan perawat lansia selama 2,5 bulan. Nantinya, para lulusan OUR akan dikirim ke Jepang untuk bekerja dan mendapat kontrak kerja selama lima tahun.

Menurut CEO OUR Jun Kato, fasilitas pelatihan ini merupakan yang ke-5 di Asia yang dioperasikan perusahaannya. Sementara di Indonesia, pusat pelatihan ini baru pertama kali didirikan dan membuka kelas online perdana pada Juli 2022 sebelum gedung rampung.

Tak tertutup kemungkinan Onodera juga akan didirikan di daera-daerah lain di wilayah Indonesia.

"Perusahaan memposisikan fasilitas pelatihan ini sebagai basis inti untuk melatih dan mendidik pekerja berketerampilan khusus. Ke depannya kami juga akan fokus melatih tenaga-tenaga terampil khusus di bidang keperawatan lansia dan bidang-bidang lain di Indonesia, serta berupaya semaksimal mungkin untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul," katanya saat upacara pembukaan berupa unveiling ceremony.

Jun Kato menambahkan, OUR membina sumber daya manusia muda yang unggul dan responsif terhadap sekitar. Selain itu, sebagai lembaga yang telah disertifikasi oleh Badan Pengawasan Keimigrasian, OUR juga memiliki kekuatan dalam memperkenalkan sumber daya manusia yang punya kemampuan serta berkepribadian baik.

Per 16 Desember 2022, sebanyak 1.554 siswa yang dilatih oleh OUR telah mendapatkan pekerjaan di Jepang.

Sementara itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Tenaga Kerja Indonesia Budi Hartawan menyatakan, berdasarkan data Sakrenas yang diterbitkan BPS pada Agustus 2022, tingkat pengangguran di Tanah Air mencapai 5,86% dari total angkatan kerja.

"Pelatihan vokasi menjadi solusi untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan tenaga kerja terampil dan kompeten untuk memaksimalkan kondisi SDM kita," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8280 seconds (0.1#10.140)