Apakah Anda Masih Mau Menenggak Minuman Beralkohol?

Kamis, 29 Oktober 2015 - 03:25 WIB
Apakah Anda Masih Mau Menenggak Minuman Beralkohol?
Apakah Anda Masih Mau Menenggak Minuman Beralkohol?
A A A
SYDNEY - Berpikir bahwa segelas anggur (wine) yang Anda teguk setiap malam sebelum tidur, nantinya tidak akan membahayakan kesehatan Anda? Nah, hasil penelitian terbaru ini mungkin akan mengejutkan Anda.

Ya, semua orang tahu tembakau adalah karsinogen mematikan, tapi berapa banyak dari kita menyadari bahwa alkohol dianggap sebagai penyebab potensial kanker?

Penelitian baru yang mengejutkan ini, menunjukkan bahwa hanya dengan menenggak sebuah minuman beralkohol dalam sehari, akan secara drastis dapat meningkatkan risiko Anda terkena kanker.

Mereka yang minum tujuh atau lebih dari minuman standar dalam sepekan, hampir tiga kali lebih mungkin untuk mendapatkan kanker kerongkongan (tenggorokan), ketimbang mereka yang minum kurang dari satu gelas dalam sepekan.

Bahkan mereka yang mengkonsumsi 1-6 minuman dalam sepekan, adalah 67 persen lebih mungkin untuk mendapatkan kanker perut (usus dan pencernaan), ketimbang mereka yang menenggak kurang dari satu minuman dalam sepekan.

Itu merupakan hasil penelitian dari sebanyak 3.571 responden pria di Kanada yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Detection dan Prevention (Deteksi Kanker dan Pencegahannya).

Sementara itu, Dewan Kanker Australia CEO Profesor, Ian Olver, memperingatkan bahwa tidak ada tingkat aman dari level para penikmat minuman beralkohol. Dia mengatakan, bahwa para ilmuwan telah menemukan alkohol merupakan faktor risiko untuk beberapa jenis kanker yang paling umum, termasuk usus dan payudara, dan bukan yang agak jarang, seperti kanker mulut.

"Itu membuat faktor risiko untuk proporsi yang jauh lebih besar dari seluruh populasi," kata Profesor Olver.

"Setelah Anda mulai masuk ke kanker umum, setiap orang harus memahami bahwa alkohol adalah risiko." Berpikir Anda tidak berisiko karena Anda hanya minum wine? Profesor Robin Room, direktur penindakan dari Turning Point Alcohol and Drug Centre di Melbourne, mengatakan adanya pertambahan bukti yang menunjukkan bahwa wine tidak lebih berbeda dari bentuk-bentuk minuman beralkohol lainnya.

Perlu diketahui, hampir 3.000 orang Australia didiagnosis dengan kanker yang disebabkan oleh konsumsi alkohol yang berlebihan pada tahun 2005. Uniknya, lebih wanita dibandingkan pria yang menjadi korban dan angka ini tampaknya makin meningkat saja.

Paula Green (54 tahun), seorang ibu dari anak kembar asal New South Wales, akhirnya pensiun setelah jadi peminum berat selama sekitar 20 tahun. Tapi dia terkejut usai didiagnosis terkena kanker payudara pada tahun 2003.

Ketika dia mengetahui bahwa alkohol adalah faktor kunci dari penyakitnya, sang ibu pun berkata. "Saya cukup ngeri. Saya menyadari bahwa hal-hal bisa saja sangat berbeda," kata Green, yang baru pulih dari pertempuran dengan minuman keras dengan bantuan Alcoholics Anonymous.

"Saya pikir alkohol adalah salah satu dari banyak faktor (yang menyebabkan kanker payudara), tapi yang sangat penting. Saya berhenti minum itu karena saya khawatir tentang efek kesehatan, tapi saya tidak menyadari sampai setelah saya didiagnosis bahwa alkohol adalah sebenarnya pemicu dari kanker payudara. "

Adapun llkohol diperkirakan telah menyebabkan antara 3 hingga 12 persen dari adanya kasus kanker payudara. Penelitian di Kanada menekankan bahwa semakin Anda minum, semakin besar risiko Anda terkena kanker.

Itu memprihatinkan, karena pesta minuman keras justru mengalami peningkatan di Australia, khususnya di kalangan perempuan muda. Satu studi yang mengkhawatirkan oleh Turning Point, menemukan bahwa tingkat penerimaan pasien rumah sakit akibat masalah alkohol di kalangan perempuan di Victoria berusia 18-24 tahun adalah hampir dua kali lipat dari tahun 1998 sampai 2006.

Dan kabar benar-benar buruk bagi wanita? Minum jumlah yang sama minuman per hari sebagai manusia membawa risiko kesehatan yang jauh lebih besar.

Jika seorang pria dan wanita baik turun 10 gelas sehari, wanita jauh lebih mungkin menjadi korban kanker atau sirosis hati, karena perbedaan fisiologis antara jenis kelamin, termasuk yang berbeda rasio lemak ke air.

"Jangan menganggap Anda diperbolehkan minum alkohol sebanyak laki-laki," kata Profesor Ann Roche, direktur Pusat Nasional untuk Pendidikan dan Pelatihan Kecanduan dari Flinders University di Adelaide, Australia. "Wanita tidak bisa memetabolisme alkohol seefektif pria,” imbuh sang profesor memberi peringatan.

Pada sisi kebalikan, menenggak minuman dengan kadar alkohol rendah, ternyata dapat melindungi terhadap penyakit jantung. Tapi Anda hanya perlu setengah minuman ukuran standar dalam sehari, atau satu setiap hari kedua, dan para ahli mengatakan sangat sedikit orang minum begitu sedikit.

"Jika Anda benar-benar punya rutinitas hanya menenggak segelas wine setiap malam. Pada saat ini, perkiraan terbaik adalah bahwa manfaat sehubungan dengan penyakit jantung akan lebih besar daripada risiko kanker," kata Profesor Room.

Tapi Profesor Olver memperingatkan bahwa peminum perlu memahami bahwa alkohol adalah melakukan beberapa kerusakan. "Orang-orang harus tahu bahwa meskipun dengan satu gelas sehari kesalahannya di level minimal, tapi itu tidak nol."

Alkohol merupakan peningkat faktor risiko untuk

Kanker mulut, faring, laring, esofagus, payudara, usus, hati, pankreas, perut, paru-paru, prostat
Sirosis hati
Stroke
Penyakit kardiovaskular

Apa yang Anda Pertaruhkan?
Meningkatkan risiko kanker bibir, mulut dan faring
Dosis alkohol diminum*PRIA*WANITA

1 gelas/hari*31%*33%
2 gelas/hari*67%*72%
3 gelas/hari* 108%*118%
6 gelas/hari*253%*288%
10 gelas/hari* 457%*551%

Meningkatkan risiko terkena Sirosis hati
Dosis alkohol diminum*PRIA*WANITA

1 gelas/hari*21%*32%
2 gelas/hari*45%*73%
3 gelas/hari*72%*125%
6 gelas/hari*171%*364%
10 gelas/hari*338%*969%

Meningkatkan terkena risiko kanker payudara
Dosis alkohol diminum wanita
1 gelas/hari*8%
2 gelas/hari*17%
3 gelas/hari*26%
6 gelas/hari*58%
10 gelas/hari*115%

*Sumber: Badan Kesehatan Nasional dan Pedoman Penelitian Medis Australia Untuk Mengurangi Risiko Kesehatan Dari Meminum Alkohol. (National Health and Medical Research Council's Australian Guidelines To Reduce Health Risks From Drinking Alcohol)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8958 seconds (0.1#10.140)