Flu Burung Cepat Menyebar di Musim Hujan

Rabu, 18 Mei 2016 - 11:15 WIB
Flu Burung Cepat Menyebar di Musim Hujan
Flu Burung Cepat Menyebar di Musim Hujan
A A A
JAKARTA - Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, drh I Ketut Diarmita, MP mengimbau untuk lebih waspada saat memasuki musim hujan. Pasalnya, virus flu burung meningkat dan menyebar di musim hujan.

Lanjut Ketut menjelaskan, bahwa saat musim hujan virus flu burung akan aktif berkembangbiak. Sementara di musim kemarau, virus tersebut akan tidur atau tidak aktif. Oleh karena itu, pastikan Anda menjaga kesehatan di musim hujan.

"Ketika suhu sudah sesuai dengan lingkungannya, sudah pas buat dia, baru virus yang sebelumnya tidur di dalam tubuh unggas-unggas itu bangkit. Pinter itu virus flu burung," papar drh Ketut di Jakarta.

Meski demikian, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk meredam penyebaran virus flu burung. Salah satunya dengan cara, peternak melakukan vaksinasi rutin kepada unggas-unggas yang dimiliki.

"Memang pola selalu berulang tapi kok nggak selesai-selesai tampaknya. Padahal kita sudah melakukan langkah-langkah seperti vaksinasi, dan strategi lainnya," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kasus flu burung di tahun 2016 meningkat dibandingkan tahun 2015, yaitu 148 kasus yang terjadi pada unggas. El Nino disebut-sebut menyebabkan kasus flu burung meningkat. El Nino membuat beberapa wilayah di Indonesia mengalami kekeringan dan disertai beberapa hari hujan deras.

Akibatnya, hal ini pun menyebabkan daya tahan tubuh unggas melemah sehingga lebih mudah terserang infeksi flu burung. "Memang sudah dilakukan vaksinasi. Tapi cuaca ekstrem tahun lalu itu mengurangi efektivitas vaksin dan banyak peternak juga tidak menggunakan booster sehingga unggasnya lebih mudah mengalami infeksi," kata dia.

Selain itu, penyebab meningkatnya kasus flu burung tahun ini juga karena adanya virus baru yang sudah kebal dengan vaksinasi. Ketut juga menilai, kurangnya perhatian atau kewaspadaan peternak dengan ancaman flu burung membuat kasus ini kembali meningkat.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7422 seconds (0.1#10.140)