Menikmati Sajian Khas Kanton di tengah Sejuknya Hawa Bandung

Minggu, 25 September 2016 - 19:30 WIB
Menikmati Sajian Khas Kanton di tengah Sejuknya Hawa Bandung
Menikmati Sajian Khas Kanton di tengah Sejuknya Hawa Bandung
A A A
BANDUNG - Bagi Anda pencinta makanan khas Kanton, Anda harus datang mencicipi berbagai sajian khas Kanton di Restoran Fok Luk Sau yang berada di Mason Pine Hotel Kota Baru Parahyangan. Kenapa? Karena di restoran ini, sajian kuliner khas Kanton begitu otentik dengan varian menu yang pastinya membuat Anda ketagihan.

Salah satu hidangan andalannya di bulan Oktober ini yakni Hot Spring Hainan Chicken with Garlic Crusted. Menurut sang Executive Chef, Hendry Brahmana, sajian menu nasi Hainan merupakan salah satu menu otentik khas kanton. Sajian otentik dengan citarasa asli yang dipertahankan, membuat menu ini menjadi salah satu menu yang juga kerap dicari pengunjung.

Pada menu yang satu ini, menyajikan sajian ayam Hainan yang bisa Anda nikmati dengan nasi putih. Untuk mengolahnya, cukup sederhana. Sebelumnya, Anda tinggal merebus ayam selama kurang lebih 7 menit. Usai itu diamkan daging ayam di dalam air rebusan itu selama 20 menit dan tiriskan.

“Agar rasa daging ayamnya lebih gurih, kita rebus daging tersebut disertai bumbu rempah. Sebaiknya setelah direbus itu, kita diamkan, atau kita hentikan proses masaknya terlebih dahulu agar tekstur dagingnya tidak overcook, dan tetap lembut namun matang,” papar Hendry.

Daging yang sudah matang tadi kemudian diiris tebal dan disajikan di atas piring dengan diberikan topping crunchy yang berupa tepung roti, paprika dua rasa, dan bawang putih yang digoreng garing hingga terasa renyah. Agar penikmat makanan ini merasakan sensasi sajian daging ayam Hainan yang berbeda, maka crunchy tersebut dibakar api dari bagian atas toppingnya, sehingga sajian renyah tadi melekat di atas daging dan menghadirkan citarasa yang unik dan berbeda.

Menambah kesegaran sajian tadi, maka dipadukan pula dengan rebusan sayuran baby pakcoy, irisan tomat serta timun. “Agar tektur dagingnya empuk, matang, namun tidak overcook, maka sebaiknya merebus daging ayamnya tidak dengan api yang bersuhu tinggi dan selama waktu yang tepat, kisaran 40 menit,” ujarnya.

Sajian yang tak kalah lezatnya pun, Anda bisa mencoba menu lainnya seperti Charcoal BBQ Charsiew Beef Ribs. Iga sapi yang diolah dengan sedemikian rupa ini, memiliki cita rasa iga yang lembut namun kaya akan rasa bumbu dan rempahnya. Iga sapi seberat 250 gr ini diberi bumbu rempah serta saus seperti bean sauce, hoisin sauce, serta sesame sauce.
Charcoal BBQ Charsiew Beef Ribs
Ketiga saus ini merupakan saus yang biasa dipakai dalam masakan cina. Misalkan saja Hoisin sauce. Saus perendam untuk daging-dagingannya ini memiliki warna coklat tua dan rasa manis agak sedikit pedas. Saus ini pun berbahan kedelai ini pun menjadi salah satu saus yang wajib dipakai dalam masakan iga yang satu ini. Sama halnya dengan Hoisin, Been Saus pun merupakan saus yang berbahan kedelai ini dipadukan juga dengan Sesame saus yang merupakan paduan dari minyak murni dan biji wijen yang dibakar.

“Untuk membuat iga ini Anda tinggal memasukan iga sapi beserta ketiga saus ini dan diberikan bumbu tambahan seperti gula pasir, chicken powder serta tahu merah. Semua bahan tersebut dimasukan dan direndam dengan iga tadi selama satu malam. dan setalahnya, Anda tinggal memanggang iga sapi tersebut dan disajikan dengan bihun yang dibuat renyah,” kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9164 seconds (0.1#10.140)