Nutrisi yang Diperlukan untuk Ibu Hamil

Rabu, 13 Mei 2015 - 09:07 WIB
Nutrisi yang Diperlukan untuk Ibu Hamil
Nutrisi yang Diperlukan untuk Ibu Hamil
A A A
JAKARTA - Di masa kehamilan, diperlukan beberapa nutrisi yang harus dipenuhi oleh ibu hamil. Sebab, nutrisi yang terpenuhi dapat membuat perkembangan janin dan kesehatan sang ibu tetap terjaga.

Medical Affairs Manager Sarihusada dr Tria Rosemiarti mengatakan, kualitas kesehatan seseorang sudah ditentukan sejak masih dalam kandungan sang ibu. Di masa ini banyak organ janin penting yang berkembang pesat.

Lebih lanjut dr Tria menjelaskan, kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tidak hanya nutrisi tunggal, namun sinergi nutrisi. Berikut beberapa sinergi nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan.

1. Asam folat dan Vitamin B12
Asam folat dan Vitamin B12 pengaruhi pembentukan otak janin. Jika kekurangan nutrisi ini berisiko adanya kecacatan otak dan sumsum tulang belakang yang tidak bisa diperbaiki.

2. Kalsium dan vitamin D
Penting untuk ibu hamil karena janin mengambil persediaan kalsium dari tulang ibu dan akan mengakibatkan osteorporis. Sedangkan kalsiumm diperlukan untuk pembentukan tulang dan gigi janin.

3. Vitamin B1 dan B2
Vitamin B1 dan B2 bertugas mengubah karbohidrat, lemak, dan protein, diubah menjadi energi.

4. Zat besi dan vitamin C
Jika kekurangan zat ini membuat ibu menderita anemia. Berisiko melahirkan bayi lahir dengan berat badan rendah. Pasalnya, selama hamil, volume darah meningkat sebanyak 30 persen.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7105 seconds (0.1#10.140)