Perhatikan Masa Kedaluwarsa Kosmetik

Jum'at, 15 Mei 2015 - 08:41 WIB
Perhatikan Masa Kedaluwarsa Kosmetik
Perhatikan Masa Kedaluwarsa Kosmetik
A A A
BAGI para wanita, kosmetik membantu untuk mendapatkan hasil make up terbaik. Berbagai produk, mulai perawatan tubuh dari ujung kepala ke ujung kaki sampai kosmetik sudah pasti harus dimiliki setiap wanita.

Karena seringnya membeli dan mencoba berbagai produk kosmetik, sering kali banyak wanita yang kurang memperhatikan tanggal kedaluwarsa produk kosmetik tersebut. Ika Aryanti, beauty promotor dari Wardah Cosmetics, saat kunjungan ke Gedung SINDO, mengatakan bahwa banyak wanita yang meragukan kosmetik yang dimilikinya sudah kedaluwarsa atau belum.

Itu karena sering kali kode kedaluwarsa dalam kemasan kosmetik sudah hilang atau bahkan tidak dicantumkan secara jelas oleh produsen kosmetik. Sementara itu, menurut Alexandra Richmond, seorang beauty analyst, seperti dilansir Dailymail.co.uk , tidak sedikit wanita yang nekat tetap menggunakan kosmetik yang mereka miliki walaupun telah lewat tanggal kedaluwarsa.

Hal ini disebabkan beberapa alasan, seperti tidak adanya efek apa pun yang mereka rasakan, menghemat pengeluaran, dan sebagainya,” kata Alexandra Richmond. Menurut Dr Hilary Allan, cosmetic dermatologist dari Woodford Medical Aesthetics yang dilansir dari Dailymail.co.uk , menggunakan kosmetik kedaluwarsa dapat membahayakan kesehatan kulit, mulai gatal, iritasi, infeksi, hingga kanker kulit.

“Pada dasarnya, bahan pengawet yang ditambahkan dalam kosmetik berfungsi sebagai pencegahan kontaminasi bakteri melalui udara. Bahan pengawet tersebut, tentunya mempunyai kedaluwarsa yang disesuaikan dengan campuran kandungan yang ada di kosmetik,” kata Dr Hilary Allan.

Secara umum, kedaluwarsa suatu produk kosmetik untuk perawatan tubuh atau make up dekoratif berbeda. Biasanya body lotion atau parfum bisa digunakan lebih dari dua tahun. Adapun make up dekoratif kedaluwarsanya lebih singkat, yaitu sekitar tiga bulan hingga satu tahun.

“Beberapa produk kosmetik yang sebaiknya digunakan sebelum tanggal kedaluwarsa adalah maskara, eye shadow, lipstik atau lipgloss , moisturiser, body lotion, fake tan , face cream, foundation, eyeliner, dan blusher ,” sebut Dr Hilary Allan.

Sementara itu, produk perawatan rambut bisa bertahan hingga dua tahun. Make up atau produk berbahan organik, biasanya lebih singkat kedaluwarsa, yaitu sekitar enam bulan. Itu karena tidak memakai bahan pengawet.

Tidak hanya tanggal kedaluwarsa make up , memakai alat tata rias yang kotor untuk mengaplikasikan bermacam produk make up pun bisa menyebabkan berkembang biaknya mikroorganisme berbahaya. “Karena itu, penting juga untuk mencuci alat-alat make up secara rutin dengan sabun khusus agar mikroorganisme ataupun bakteri tidak berkembang biak,” kata Ika.

Menurut Ika, cara paling umum untuk mengetahui kosmetik atau alat make up tersebut sudah kedaluwarsa atau belum adalah dengan memperhatikan bentuk, bau, dan warna yang sudah mulai berubah. Kosmetik idealnya disimpan setelah dipakai dengan ditutup rapat.

Menurut Dr Hilary Allan, begitu membuka kosmetik, mulailah terjadi proses kontaminasi terhadap kuman. “Oleh sebab itu, kosmetik harus tetap tertutup rapat. Dengan tertutup rapat, maka akan mengurangi jumlah kuman yang masuk ke dalam kosmetik,” tutur Dr Hilary Allan.

Namun, apabila seseorang sudah telanjur memakai kosmetik kedaluwarsa dan kemudian terjadi infeksi, Dr Hilary Allan menyarankan sebaiknya segera berkonsultasikan ke dokter.

Dwi nur Ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3536 seconds (0.1#10.140)