Berapa Ambang Batas Rawan Obesitas?

Senin, 18 Mei 2015 - 09:24 WIB
Berapa Ambang Batas Rawan Obesitas?
Berapa Ambang Batas Rawan Obesitas?
A A A
JAKARTA - Obesitas dapat dilihat dari lingkar pinggang. Untuk wanita, batas lingkar pinggang yang diizinkan adalah tidak lebih dari 80 cm. Sedangkan untuk pria, batas tertinggi mencapai 90 cm.

Berdasarkan buku Diabetes and Me, ada cara mudah untuk mengetahui lingkar pinggang Anda. Caranya cukup gunakan perhitungan empat jengkal, dengan asumsi satu jengkal kurang lebih memiliki panjang 20-25 cm. Dengan demikian lingkar pinggang tidak boleh lebih dari empat jengkal.

Kelebihan lingkar pinggang ini bisa terlihat dari perut yang buncit atau secara medis disebut dengan obesitas sentral. Penumpukan lemak di perut atau dipinggang akan meningkatkan risiko diabetes.

Sebab, jaringan lemak yang tertimbun di daerah perut merupakan lemak paling berbahaya. Timbunan lemak tersebut akan mengganggu kerja organ dalam seperti pankreas.

Hal ini dapat menyebabkan sindrom resistensi insulin dan meningkatkan risiko diabetes sebanyak empat kali.

Sekitar 80% orang dengan diabetes adalah mereka yang masuk dalam klasifikasi obesitas. Obesitas terjadi ketika mengkonsumsi kalori dalam jumlah yang lebih banyak daripada yang digunakan. Kelebihan kalori tersebut akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8144 seconds (0.1#10.140)