Mewarnai Rambut secara Praktis

Selasa, 19 Mei 2015 - 08:58 WIB
Mewarnai Rambut secara Praktis
Mewarnai Rambut secara Praktis
A A A
MEWARNAI rambut kini bisa dilakukan di rumah atau home hair colouring. Dengan memilih pewarna rambut yang sesuai warna kulit dan disesuaikan dengan kondisi dan jenis rambut.

Berdasarkan informasi yang dilansir Dailymail.co.uk , menurut Glenn Lyons, seorang trichologist atau ahli kulit kepala dari Klinik Philip Kingsley di London, Inggris, apabila dilakukan dengan tepat, home hair colouring dapat terlihat hasilnya sama fantastisnya dengan pewarnaan di salon.

Sementara itu, berdasarkan penelitian yang dilakukan Mintel Market Research Inggris, mengatakan bahwa penjualan produk home hair colouring terus mengalami peningkatan. Bahkan, setiap tahun penjualannya telah meningkat sebesar 12% dengan pendapatan sekitar 321 juta poundsterling. Hal ini karena produk home hair colouring dinilai lebih murah apabila dibandingkan dengan pewarnaan rambut yang dilakukan di salon.

Menurut pakar penataan dan pewarnaan rambut, Sony Sutandar pada jumpa pers L’Oreal Paris Excellence di Nouvelle Resto Jakarta, beberapa waktu lalu, ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan sebelum melakukan home hair colouring agar pewarnaan rambut yang dilakukan sesuai dengan yang diharapkan dan hasilnya maksimal. Langkah pertama, yaitu mengetahui karakter, kepribadian, warna kulit, dan jenis pekerjaan. Karakter seseorang sangat berpengaruh terhadap jenis pekerjaan yang digeluti.

“Apakah Anda orang yang biasa di rumah atau bekerja di luar rumah. Hal ini akan menentukan warna apa yang tepat untuk Anda,” sebut Sony. Menurut Sony, pemilihan warna rambut yang disesuaikan dengan tone warna kulit juga menjadi salah satu langkah yang penting. Menurut Sony, ada tiga tone warna rambut, yakni warm , netral, dan cool .

“Setiap tone warna tersebut didasarkan pada warna kulit, warna mata, warna asli rambut, hingga warna urat nadi,” kata Sony. Langkah berikutnya, yaitu cermat dalam memilih produk pewarnaan rambut. Pemilihan produk pewarnaan rambut yang tepat tidak hanya akan memberikan kualitas warna yang baik, juga memberikan perawatan lebih, seperti serum yang berguna melindungi rambut agar tetap sehat dan halus.

“Pada dasarnya, setiap produk pewarnaan itu berbeda. Sebaiknya pilih pewarna rambut yang memiliki perawatan sebelum dan sesudah pewarnaan. Produk pewarna rambut juga akan memengaruhi sulit diatur atau tidaknya rambut setelah pewarnaan,” kata Sony. Setelah ketiga tahapan tersebut dilakukan, barulah seseorang dapat mengaplikasikan produk pewarnaan rambut. Namun, sebelum mengaplikasikan produk pewarnaan rambut, ada baiknya melakukan uji alergi di kulit di belakang telinga.

Menurut Sony, bagian itulah yang paling sensitif. Apabila kulit tidak cocok dengan pigmen pewarnaan rambut, maka akan terjadi alergi berupa bintik merah atau bentol merah. “Oleskan tekstur produk di bagian belakang telinga. Kemudian, diamkan selama 24 jam. Kalau tidak terjadi alergi reaksi, maka Anda dapat melanjutkan pengaplikasian pewarnaan rambut,” imbuh Sony. Saat pengaplikasian pewarnaan rambut, sesuaikan juga dengan panjang pendeknya rambut.

Sony menyarankan untuk membeli dua unit produk pewarnaan agar hasil pewarnaan rambut lebih maksimal. Sebelum mengaplikasikan krim pewarna, Sony menyarankan untuk menggunakan sarung tangan dan mengaplikasikan serum. “Masukkan seluruh isi tube ke dalam botol sampai habis. Kocok sampai rata hingga tercampur sempurna. Aplikasikan di batang rambut terlebih dahulu, kemudian diamkan selama 30 menit.

Setelah itu, aplikasikan produk di akar rambut dan ratakan hingga ujung dengan sisir aplikator yang tersedia,” kata Sony. Setelah selesai mengaplikasikan produk ke seluruh bagian rambut, diamkan selama 15 menit. Kemudian, bilas rambut dan lanjutkan dengan pemakaianconditioner balm setelahnya. Terakhir, bilas kembali rambut hingga bersih.

“Orang yang mewarnai rambut harus rajin merawat rambut dengan menggunakan serum, masker, dan mengganti sampo dengan produk khusus rambut berwarna. Biasanya rambut yang diwarnai jadi agak kering. Jadi sebaiknya hindari styling dengan alat pemanas untuk sementara waktu,” tutur Sony.

Dwi nur ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7237 seconds (0.1#10.140)