Riasan Mata Timur Tengah

Jum'at, 29 Mei 2015 - 09:37 WIB
Riasan Mata Timur Tengah
Riasan Mata Timur Tengah
A A A
Tren riasan mata dari Timur Tengah yang terlihat dramatis menjadi inspirasi make up yang unik. Mata yang terlihat besar dan bulat, serta hitam dan tegas merupakan gambaran yang paling sempurna bagi wanita Timur Tengah.

The Body Shop meluncurkan tren make up terbaru, yaitu Graphic Bold Liner dengan menggunakan produk terbaru, yaitu Matte Kajal. Menurut Make Up Spesialist The Body Shop Indonesia Iman Pulungan, saat ini tren riasan di dunia sedang mengarah ke tampilan mata yang dramatis di area mata. Tidak sekadar garis di pinggir kelopak mata, juga bisa dibaurkan dan tidak menciptakan blocking.

“Penggunaan Kajal adalah salah satu cara untuk mencapai tampilan itu,” sebutnya. Iman mengatakan, karena menggunakan hijab ataupun niqab (cadar), maka kecantikan wanita Timur Tengah biasanya diukur dari kecantikan mata. Mata yang terlihat besar dan bulat, serta hitam dan tegas merupakan gambaran yang paling sempurna bagi wanita Timur Tengah.

“Tidak ada yang tahu persis kapan masyarakat Timur Tengah mulai menggunakan Kajal atau pewarna hitam di sekitar kelopak mata,” tutur Iman. Menurut Iman, penggunaan Kajal dipercaya bisa menjaga kesehatan mata karena terbuat dari bahan alami. Ada pula yang mengatakan memberi rasa dingin. Bahkan, ada yang mengatakan perlu untuk mengusir roh jahat.

“Apa pun tujuannya, yang pasti pengaplikasian Kajal yang tepat mampu memperindah tampilan mata setiap wanita,” sebut Iman. Kajal akan melindungi daerah sekitar mata dari penuaan dini dan juga menjaga kelembapan alami, terhindar dari kulit kering serta kusam. “Matte Kajal yang diluncurkan The Body Shop mengandung black rose oildan ekstrak marula oil yang akan menjaga kelembapan kulit di sekitar area mata,” ujar Iman.

Matte Kajal memiliki tekstur yang lembut saat diaplikasikan di kulit di kelopak mata, namun tidak melekat lama seperti produk eyeliner pada umumnya. Diusap dengan jari atau terkena air pun sudah bisa mengurangi kepekatan warnanya. “Teksturnya lembut dan memang bila terkena air wudu untuk salat bisa memudar, namun tidak meninggalkan tanda hitam seperti kebanyakan eyeliner.

Setelah wudu perlu diaplikasikan lagi,” kata Iman. Iman menuturkan, Matte Kajal tidak waterproofkarena di area mata ada lapisan sensitif sehingga The Body Shop mencoba menciptakan produk yang formulanya aman untuk mata. “Dalam pencarian kami, untuk membuat produk waterproof, belum ada bahan yang benar-benar aman untuk mata.

Karenanya, saat ini produk dengan bahan dasar alami tadi tidak menciptakan warna pekat yang sulit hilang seperti waterproof," kata Iman. Sementara itu, menurut Official Make Up Artist The Body Shop Indonesia Riri Aryani, tekstur Matte Kajal tidak seperti pensil mata yang sedikit keras ketika digunakan di kelopak mata bagian bawah. Hanya dengan sekali oles sudah menghitamkan secara sempurna.

“Langsung saja oleskan ujung Kajal ke kelopak bawah mata. Jangan takut belepotan karena kelopak bawah mata beda permukaannya dengan kulit,” ujar Riri Ujung Matte Kajal yang mengecil dapat membantu bila ingin membubuhkan garis tipis di pinggir kelopak mata untuk kemudian dibaurkan. “Produk ini sangat mudah dibaurkan sehingga cukup mudah menciptakan kesan smokey eyes yang tidak terlalu berlebihan,” ujar Riri.

Riri menyebutkan, dengan produk semacam ini, setiap wanita akan mudah membentuk garis mata yang tebal guna mempertajam garis tepi mata dan memberi kesan mata menjadi lebih besar. Produk yang tersedia dalam warna hitam dan putih ini akan mulai tersedia di store The Body Shop mulai 11 Juni 2015 dengan harga Rp219.000. Beberapa merek kosmetik dunia juga meluncurkan Kajal.

Berdasarkan informasi yang dilansir Allure.com,label tersebut di antaranya Estee Lauder Pure Color Intense Kajal Eyeliner in Blackened Sapphire. Kajal berbentuk pensil ini memiliki pigmen biru gelap yang sangat pekat. Pengaplikasiannya sangat mudah dan dapat menunjang tampilan mata yang terkesan dramatis. Ada pula Stila Kajal Eye Liner in Onyx yang juga berbentuk pensil, namun memiliki kandungan gel dengan warna hitam yang pekat.

Terakhir yaitu VS Make Up Kajal Liner dengan bentuk seperti crayonyang memiliki tekstur beludru. “Ketika Kajal ini digosok, warnanya akan membaur sempurna di kelopak mata sehingga menghasilkan kesan smokey eyes yang menawan,” ujar Stephanie Saltzman, Associate Digital Editor Allure.com.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5650 seconds (0.1#10.140)