Steam Bath untuk Perawatan Kulit

Senin, 01 Juni 2015 - 10:37 WIB
Steam Bath untuk Perawatan Kulit
Steam Bath untuk Perawatan Kulit
A A A
MANDI uap atau yang lebih populer dengan istilah steam bath menjadi salah satu bagian ritual kecantikan sebelum perawatan spa.

Selain menyehatkan tubuh, steam bathjuga diyakini dapat merawat sekaligus mempercantik tampilan kulit. Walau punya banyak manfaat bagi kecantikan, banyak orang masih sering keliru membedakan antara steam bath dan sauna. Pada dasarnya manfaat sauna ataupun steam bathhampir sama, yaitu membuka poripori kulit. Bedanya, ada pada suasananya.

“Kalau sauna dalam keadaan kering, steam bathlebih basah karena menggunakan uap,” tutur Susiana, Fitness & Wellness Manager Mandarin Oriental Hotel Jakarta, Menurut Susiana, sauna merupakan perawatan di ruangan kecil yang dirancang dengan hawa panas dengan suhu kering mencapai 70 derajat Celsius.

Perawatan ini biasanya disediakan di tempat spa atau perawatan tubuh lain. Para tamu akan berada dalam ruangan sauna selama tujuh menit hingga berkeringat. Dalam kondisi panas yang kuat di dalam sauna, para tamu akan mengeluarkan keringat yang sangat banyak, yang membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh.

“Selain menghilangkan racun, sauna adalah cara yang baik untuk membuka pori-pori kulit sehingga siap untuk menerima tahap perawatan selanjutnya,” tambah Susiana. Sementara steam bathatau mandi uap biasanya dilakukan selama lima menit dengan suhu 50 derajat Celsius. “Namun, lamanya waktu serta tingginya suhu yang digunakan bergantung pada permintaan dan ketahanan tubuh masing-masing orang,” kata Susiana.

Adapun menurut Tio, Gym & Spa Manager Hotel Alila Jakarta, perawatan steam bath sebaiknya menggunakan ramuan herbal agar manfaatnya lebih merasuk ke dalam tubuh. Biasanya Tio menggunakan berbagai kombinasi herbal antara lain irisan sereh, jahe, dan daun pandan yang dicampur dengan lung punifiying oildan minyak peppermint.

Tio menjelaskan, selain berfungsi untuk menyegarkan dan membuka pori-pori kulit, minyak esensial dan herbal yang dipakai akan memberikan sensasi wewangian yang segar dan menambah relaksasi tubuh serta melegakan pernapasan. “steam bathbermanfaat untuk menghilangkan stres dan mampu mengurangi berbagai masalah kesehatan, seperti flu dan insomnia karena terdapat rempah-rempah di dalamnya,” tutur Tio.

Senada dengan Susiana dan Tio, menurut Francesca Fusco, seorang dermatologis dari New York City yang dilansir dari Allure.com, apabila seseorang menghabiskan waktu sekitar 15 menit di steam room, pori-pori kulit akan terbuka, merangsang sirkulasi darah, dan menghilangkan racun dalam tubuh.

Namun menurut Fusco, orang dengan kondisi kulit sensitif harus berhati-hati saat melakukan perawatan steam bath. “Apabila orang dengan kulit sensitif melakuka4n steam bath, pembuluh kapilernya akan melebar dan menimbulkan suatu reaksi yang tidak diinginkan,” kata Fusco.

Agar manfaat perawatan steam bathterasa maksimal, Fusco menyarankan sebelum memasuki steam room sebaiknya lakukan exfoliatingdengan menggunakan scrub lembut untuk mencegah penyumbatan keringat di kulit yang justru menyebabkan bekas ruam. “Untuk kulit kepala yang kering, oleskan clear deep nourishing treatment masksebelum memasuki ruang uap dan minum banyak air,” tambah Fusco.

Setelah berada di steam room selama 15 menit, gosoklah kulit dengan lembut untuk mengelupas dan mengangkat sel kulit mati, kemudian oleskan pelembap saat kulit masih lembap. “Jangan minum alkohol sebelum atau setelah steam bathkarena akan melebarkan pembuluh darah,” ujar Fusco.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3293 seconds (0.1#10.140)