Inovasi Sunscreen Wajah

Rabu, 03 Juni 2015 - 10:18 WIB
Inovasi  Sunscreen Wajah
Inovasi Sunscreen Wajah
A A A
TEKNOLOGI kecantikan sunscreen atau tabir surya, kini diciptakan dengan inovasi formula terbaru untuk melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari.

Menurut Dr Sonia Wibisono saat dijumpai di acara launching Avene Sunscreen Series yang berlangsung di atrium Mal Senayan City, Jakarta Pusat, Jumat (29/5), Indonesia berada tepat di garis khatulistiwa sehingga Indonesia mendapatkan pancaran sinar matahari sepanjang tahun. “Oleh sebab itu, masyarakat Indonesia harus mewaspadai efek yang ditimbulkan dari sinar matahari, baik secara langsung maupun tidak langsung,” tutur Sonia.

Menurut Sonia, sinar matahari mengandung UV A dan UV B yang sangat berbahaya bagi kulit. Jika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang panjang, dampak yang ditimbulkannya bisa mengarah pada kematian. “Sinar UV A memiliki dampak langsung ke kulit, seperti kulit terbakar, mengikis kolagen, dan membuat kulit kering. UV B justru yang paling berbahaya karena bisa mengakibatkan kanker kulit,” sebutnya.

Untuk mencegahnya, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menggunakan sunscreen atau tabir surya. Menurut Sonia, tabir surya sangat penting digunakan, terutama bagi middle-age atau yang tengah berada di pertengahan usia antara 20- 30 tahun agar tidak terlihat terlalu tua. “Jangan salah, tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga harus diberikan tabir surya sedini mungkin untuk mencegah kerusakan kulit saat usianya dewasa,” ujarnya.

Khusus bagi pemilik kulit sensitif, pemilihan produk tabir surya tidak bisa sembarangan. Itu karena salah memilih produk dapat menyebabkan timbulnya alergi, iritasi, reaksi kemerahan, perih dan tidak nyaman. Rekomendasi dari para dermatologis, yakni memilih produk dengan kandungan minimum SPF 15. Itu karena semakin kecil nilai kandungan SPF, harus semakin sering diaplikasikan ulang. “Idealnya setiap 90 menit sekali terutama untuk jenis sunscreennon-waterproof ,” kata Sonia.

Salah satu produk yang bisa menjadi alternatif adalah Avene Sunscreen Series. Menurut Devi Soesanto, Brand Manager Eau Thermal Avene Indonesia, dengan kandungan SPF 30, produk ini sangat aman digunakan untuk segala usia, tidak mudah larut, dan tahan dari air. “Jadi, tidak perlu mengaplikasikannya setiap dua jam sekali karena bertahan lama pada kulit,” kata Devi.

Merek sunscreen asal Prancis ini pun telah teruji klinis bagi kulit orang Asia dan meresap ke dalam pori-pori sehingga tidak menimbulkan jerawat. Warnanya juga telah disesuaikan dengan semua jenis warna kulit. “Aplikasikan tabir surya 30 menit sebelum keluar rumah agar tabir surya meresap dengan baik ke dalam kulit sehingga bisa bekerja dengan maksimal,” kata Sonia.

Selain Avene Sunscreen Series, ada pula Nivea Whitening Body Serum SPF25 PA++ yang juga dapat melindungi kulit dari pengaruh buruk UV A dan UV B. Menurut Yulias Rachmatika, Marketing Manager dari Nivea Skin Care, produk ini memiliki kandungan 95% kemurnian vitamin C untuk membantu mencerahkan kulit. Ada pula kandungan double UV filters dengan SPF 25++ untuk perlindungan terbaik kulit dari efek negatif sinar UVA dan UVB.

“Produk ini juga dilengkapi dengan teknologi hydra IQ dan red seaweed untuk mengembalikan dan melengkapi kelembapan yang hilang dengan memberikan kulit kelembapan selama lebih dari 24 jam,” tutur Yulias.

Berdasarkan informasi yang dilansir Allure.com, ada beberapa produk sunscreen lain yang memiliki SPF tinggi yang sangat efektif untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Salah satunya adalah Elizabeth Arden Eight Hour Cream SPF 50 Sunscreen PA +++. Produk ini dapat bertahan selama 8 jam untuk sekali pemakaian. Sunscreen dari Elizabeth Arden ini selain dapat melindungi kulit wajah dari sinar UVA, juga dapat membantu penyembuhan kulit akibat gesekan, luka terkelupas dan luka bakar ringan.

Ada juga Lancome UV Expert Neuroshield SPF 50 PA +++. Produk ini memiliki kandungan pollusafe sehingga dapat menyamarkan garis halus serta menawarkan perlindungan terhadap sinar UV yang sempurna.

Terakhir yaitu Clinique Super City Block Oil Free Daily Face Protector SPF 40. Produk ini memiliki tekstur yang halus dan mudah meresap di kulit wajah. Aromanya pun lembut sehingga nyaman digunakan.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6840 seconds (0.1#10.140)