Jalan-Jalan dengan Patungan

Minggu, 07 Juni 2015 - 09:52 WIB
Jalan-Jalan dengan Patungan
Jalan-Jalan dengan Patungan
A A A
KOMUNITAS Backpacker Info adalah komunitas para penjelajah yang siap berkeliling Indonesia dengan menggunakan dana terjangkau.

Komunitas yang didirikan pada 5 April 2012 ini berfokus pada tujuan wisata yang ada di Indonesia. Awalnya, tujuan didirikannya komunitas ini sederhana saja. “Kami ingin bertemu orang baru di setiap tujuan wisata kami,” ujar Eaz Eryanda, penggagas Backpacker Info. Pria 27 tahun yang berprofesi sebagai pemandu wisata ini menegaskan, jika seseorang memiliki suatu hobi, bergabung ke dalam komunitas yang memiliki minat yang sama sangatlah penting.

Terlebih lagi bagi para pencinta traveling karena bisa saling bertukar informasi tentang tempat wisata yang bagus dan persiapan apa saja yang harus dilakukan saat ingin mengunjungi tempat tersebut. Dalam Backpacker Info, menjelajah keindahan alam Indonesia selalu dilakukan bersama-sama dengan sistem share cost atau patungan.

“Salah satu yang menjadi ciri dari komunitas kami adalah rasa saling kebersamaan dengan metode patungan. Jadi, semua beban biaya bisa terasa ringan,” ungkapnya seraya tertawa. Eaz pun menambahkan, sebelum melakukan perjalanan, semua biaya dirincikan, baik kebutuhan selama perjalanan maupun saat berada di tujuan. Setelah mengetahui estimasi biaya, maka akan dihitung berapa biaya yang akan dikeluarkan masing-masing anggota yang akan ikut ke tempat wisata tersebut, dengan sistem patungan tadi.

Tentu saja, komunitas ini juga sering melakukan kopi darat bersama anggotanya setiap dua minggu sekali. “Kopdar biasanya akan berpindah-pindah tempat sesuai dengan kesepakatan bersama dan kemudahan akses bagi semua anggota,” tambah Eaz. Eaz pun berbagi pengalamannya saat jalan-jalan keliling Indonesia.

“Saya pernah datang ke Aceh, Medan, Lombok, Sulawesi, Flores dan bertemu dengan orang lokal. Mereka berbaik hati, bahkan sampai ngasih tumpangan untuk menginap, jadi lebih hemat biaya,” kisahnya. Rencananya, komunitas ini akan mengadakan traveling ke Sumba, NTT, pada September mendatang.

Aprilia s andyna
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3899 seconds (0.1#10.140)