Wadah Informasi Traveler Pemula

Minggu, 07 Juni 2015 - 09:53 WIB
Wadah Informasi Traveler Pemula
Wadah Informasi Traveler Pemula
A A A
BERDIRI sejak September 2012, komunitas Jalan2.com memiliki tujuan berbagi informasi mengenai tempat wisata dalam satu forum yang resmi.

Berawal dari sebuah hobi, akhirnya komunitas ini menjadi salah satu komunitas traveling terbesar di Indonesia. Komunitas Jalan2.com dibentuk sebagai sarana untuk berkumpul dan bertukar informasi dari para anggota yang memang hobi untuk jalan-jalan. Anggota ini biasanya akan menyampaikan informasi tentang suatu daerah atau negara yang pernah mereka kunjungi untuk disampaikan kepada anggota lain di dalam forum yang tersedia dalam situs resmi Jalan2.com.

“Awalnya saya hanya iseng-iseng membuat situs Jalan2.com ini. Namun ternyata seiring berjalannya waktu, banyak para traveler yang tertarik untuk bergabung, dan akhirnya tertarik untuk bertemu dalam kegiatan gathering ,” kata Rudy Hadisentosa, pendiri Jalan2.com. Kegiatan gathering saat ini sudah menjadi kegiatan rutin yang selalu dilakukan komunitas Jalan2.com.

Setiap akhir pekan panjang atau tanggal merah, biasanya komunitas ini selalu mengadakan gathering dengan berkunjung ke daerah wisata di Indonesia. “Setiap gathering kami selalu membatasi jumlah peserta yang ikut, biasanya hanya sekitar 30 orang yang bisa ikut dan kami selalu backpacker setiap kali berkunjung ke tempat wisata,” ujar Rudy. Jalan2.com saat ini hanya fokus pada tempat wisata atau daerah wisata yang ada di Indonesia.

Contohnya ketika melakukan gathering terakhir kali, mereka mengeksplorasi daerah Malang yang memang memiliki banyak lokasi wisata menarik. Rudy mengatakan, mereka sengaja fokus untuk mengeksplorasi tempat wisata di Indonesia karena saat ini masih banyak tempat wisata atau daerah wisata di Indonesia yang belum terjamah para traveler .

Saat ini komunitas Jalan2.com memiliki jumlah anggota sekitar 40.000 orang untuk anggota forum dan sekitar 330.000 orang yang ikut bergabung dalam fan page Facebook Jalan2.com. Kebanyakan para anggota yang tergabung dalam komunitas ini adalah para mahasiswa yang memang senang melakukan traveling , tetapi tidak sedikit juga pekerja kantoran atau bahkan pria atau wanita yang sudah lanjut usia bergabung dalam komunitas ini.

“Komunitas ini memiliki anggota yang beragam, bahkan pada saat gathering kemarin ada yang berusia 60 tahun turut ikut dalam gathering yang kami adakan,” tutur Rudy. Jika ada yang ingin bergabung dalam komunitas ini, setiap orang hanya cukup mendaftar di situs Jalan2.com atau log in melalui Facebook . Setelah itu bisa langsung mem-posting ulasan tempat wisata yang pernah dikunjungi. Untuk saat ini, jumlah posting- an yang ada di situs komunitas kebanyakan adalah ulasan daerah wisata seperti Bandung, Yogyakarta, dan Bali. Para anggota biasanya mem-posting setiap tempat wisata yang mereka kunjungi.

Selain itu tidak sedikit juga yang memposting makanan favorit atau bahkan membuat jadwal tempat wisata yang wajib dikunjungi setiap kali orang ingin berkunjung ke suatu daerah. “Tidak sedikit orang yang bahkan membuat itinerary agar orang-orang yang ingin traveling juga tidak susah untuk mencari tempat wisata yang ingin mereka kunjungi. Hal ini sangat membantu sekali bagi para traveler pemula yang baru pertama kali ingin jalan-jalan,” ujar Rudy.

Rudy juga menambahkan jika ke depannya ia ingin situs Jalan2.com lebih baik agar orang-orang yang melihat situs ini tidak kesulitan dalam mencari referensi tempat wisata yang ingin mereka kunjungi.

“Sekarang kan posting -annya masih berantakan, jadi orang agak susah jika ingin mencari tempat wisata atau tempat makan yang ingin mereka kunjungi. Kami harapkan dalam waktu tiga minggu ke depan kami sudah bisa meluncurkan website terbaru agar lebih memudahkan setiap orang,” sebutnya.

Andari novianti
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6316 seconds (0.1#10.140)