Eksplorasi Musik

Sabtu, 13 Juni 2015 - 09:13 WIB
Eksplorasi Musik
Eksplorasi Musik
A A A
Mike Mohede dikenal sebagai penyanyi pop dengan suara merdu. Banyak orang kagum dengan suaranya yang lembut. Namun, di album “Kedua”, pelantun tembang Tak Seperti Dulu ini sedikit melakukan perubahan dengan memasukkan unsur rock.

Mike tidak mau dikotakkan dalam bermusik. Itu sebabnya, lagu-lagu yang dihadirkan kali ini lebih berwarna. Dia optimistis perubahan yang dilakukan itu akan membuat banyak orang suka. Dari 10 lagu di album “Kedua”, salah satu tembang dengan genre rock yang kental dinyanyikan Mike adalah lagu milik band Dewa 19 berjudul Cukup Siti Nurbaya.

Lagu yang dinyanyikan duet bersama Sammy Simorangkir ini hanya dibalut dengan piano dan gitar. Hasilnya, menjadi terasa berbeda daripada versi aslinya, tanpa menghilangkan musik rock-nya. Malah menjadi warna baru Mike dengan memasukan pop dan R&B. “Saya ingin menyajikan lagu-lagu cinta seperti sebuah cerita yang memang ada beberapa versi, ada beberapa rasa, beberapa mood yang beda gitu.

Dan sebenarnya, lagu-lagu yang bertemakan cintanya juga enggak menye-menye banget karena memang saya juga bukan tipe orang yang menye-menye ,” kata Mike seusai launching album “Kedua” di KFC Kemang, Jakarta, Kamis (11/6). Pada album terbaru ini Mike sengaja memasukan tiga lagu daur ulang. Selain Cukup Siti Nurbaya , dua lagu lainnya yakni milik Indra Lesmana berjudul Tiada Kata dan Sahabat Jadi Cinta yang dipopulerkan band Zigaz yang juga kental dengan unsur rock.

Sementara 7 tembang lainnya merupakan lagu baru dan 4 lagu di antaranya telah diperkenalkan, seperti Mampu Tanpanya, Kucinta Dirinya, dan Sampai Kapan. “Kenapa judulnya Kedua karena ini kesempatan kedua. Saya juga menunggu momen ini, tetapi selama ini saya enggak pernah kecil hati. Saya enggak pernah mati gaya dan stuck menunggu momen ini (buat album).

Puji Tuhan, akhirnya dapat kesempatan kedua, dapat label yang win-win solution dan men-support karier bermusik saya. Selama ini saya sudah dua kali pindah label. Semoga kali ini album saya bisa diterima masyarakat,” kata jawara ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2005 ini. Album “Kedua” ini memang memberi makna mendalam bagi pemilik nama lengkap Michael Prabawa Mohede ini.

Selama 10 tahun berkarier, akhirnya dia berhasil menelurkan album kedua dengan jalan yang penuh liku. Album pertama Mike dirilis pada 2005 dengan judul sama seperti namanya. Setelah itu, solois kelahiran Jakarta, 7 November 1983, ini hanya mengeluarkan single sebagai karya terbarunya, seperti Tak Seperti Dulu (2011), Mampu Tanpanya (2013), dan Kucinta Dirinya (2014).

“Butuh waktu cukup panjang buat memilih lagu dan sekarang ini teralisasi. Walaupun bukan semua lagu ciptaan saya, ini mewakili dinamika romansa selama sepuluh tahun. Karena menyajikan lagu galau, butuh treatment tertentu biar berasa dramanya, sedih dan nangisnya ,” ujarnya.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1887 seconds (0.1#10.140)