Tampil Kurang Maksimal, Sierra Tersisih

Minggu, 14 Juni 2015 - 09:16 WIB
Tampil Kurang Maksimal, Sierra Tersisih
Tampil Kurang Maksimal, Sierra Tersisih
A A A
Kontestan kategori boys, Siera Lattupeirissa, harus mengubur mimpinya sebagai juara di X Factor Indonesia setelah menjadi kontestan pertama yang tersisih pada malam perdana gala show X Factor Indonesia yang disiarkan langsung RCTI dari Studio 8, Jumat (12/6) malam.

Tak kunjung menghadirkan penampilan maksimal yang memukau mentor dan penonton membuat malam gala show perdana X Factor Indonesia menjadi malam terakhir bagi Sierra. Kontestan berdarah Ambon ini pun berada di posisi dua terbawah bersama dengan Jad N Sugy dari akumulasi voting SMS dan Google vote.

Dalam show perdana X Factor Indonesia tersebut, anak didik Bebi Romeo ini sebenarnya tampil lebih baik dibandingkan penampilan dalam babak showcase minggu lalu. Ketika itu dia membawakan lagu dari Jay Hawkins berjudul I Put Spell On You . Sementara, Jad N Sugy dari kategori grup menyanyikan lagu Once berjudul Dealova . sebenarnya juga baik.

Namun, penampilan keduanya kurang memukau semua mentor dan pemirsa. Alhasil, kedua kontestan tersebut harus menjalani babak Save Me Song untuk menyelamatkan posisi mereka masuk ke babak 12 besar. Dalam babak tersebut, Sierra membawakan lagu One Last Cry dari Brian Mcknight dan Jad N Sugy membawakan lagu Bang Bang yang dibawakan oleh Ariana Grande, Jessie J, dan Nicki Minaj.

Lagu yang dibawakan Sierra dalam babak tersebut tak mampu menyelamatkan dirinya untuk maju ke babak berikut. Langkah Sierra pun terhenti setelah hanya mendapatkan satu suara, yaitu dari Bebi Romeo. Adapun mayoritas mentor, yakni Rossa (grup), Afgan (girls ), dan Ahmad Dhani (overage ) memilih Jad N Sugy untuk melanjutkan langkah mereka ke babak selanjutnya.

Sierra seperti sudah siap dengan keputusan pahit yang harus diterimanya ini lantaran tak ada perasaan kesedihan maupun kekecewaan yang menghinggapi dirinya. Dia menilai sudah puas masuk tahap babak gala show dan bersyukur dengan apa yang sudah dicapainya.

Setelah dinyatakan tersisih dari persaingan di babak 12 besar X Factor Indonesia, kontestan kelahiran Ambon, 29 Oktober 1994, ini ingin lebih dulu berlibur ke kota kelahirannya, Ambon, untuk bertemu orang tua dan keluarga besarnya untuk memohon restu dan berharap lewat ajang X Factor bisa menjadi pintu awal kariernya sebagai penyanyi di industri musik Tanah Air.

Sementara itu, mayoritas kontestan gala show X Factor Indonesia menunjukkan faktor “x” mereka dalam bernyanyi di atas panggung. Namun, tak sedikit pula beberapa kontestan yang mendapatkan kritikan maupun masukan positif, terutama dalam hal vokal, penjiwaan lagu, dan penguasaan panggung. Salah satunya kontestan kategori overage Desy Natalia yang sukses memukau semua mentor.

Bahkan, berkat aksi memukaunya di atas panggung tersebut, kontestan didikan mentor Ahmad Dhani ini mendapat standing applause dari Rossa dan Afgan. Desy menyanyikan lagu Lean On yang dipopulerkan Major Lazer featuring DJ Snake. “Saya suka stage act-nya dan busananya. Suaranya mantap ditambah gimmick koreo kamu di atas panggung.

Kamu luar biasa malam ini,” kata Rossa mengomentari penampilan Desy. Kontestan kategori over age lain, Angela July, juga tampil memukau saat membawakan lagu Queen berjudul Who Wants to Live Forever . “Malam ini cantik sekali. Aku suka Mas Dhani bikin panggung ini penuh. Ada harpanya, ada string -nya. Saya suka kamu mengakhiri dengan falseto.

Tapi sayang, di tengahtengah kamu harus asah lagi untuk menggunakan head voice. Malam ini kamu menawan,” kata Rossa. Dari kategori boys, penampilan Ramli Nurhappi juga sukses memukau juri dan pemirsa ketika menyanyikan lagu See You Again milik Wiz Khalifa feat Charlie Puth. Bahkan, anak didik Bebi Romeo ini sukses merampok hati para juri karena telah menutup manis gala show X Factor Indonesia season 2 dengan penampilan memukaunya.

Ahmad Dhani tak ragu untuk memuji penampilan Ramli. Menurut dia, kontestan asal Sukabumi ini mengakhiri acara dengan baik. “Ini malam langka. Dengan lighting bagus, kamu mengakhiri acara musik berkualitas malam ini dengan baik,” puji Dhani. Kontestan kategori grup, Classy, juga tampil maksimal sehingga mampu membius semua mentor ketika melantunkan lagu Boss dari Fifth Harmony.

Grup yang digawangi personel Sabrina, Shella, Prayang, Citragama, dan Mifta ini sukses memukau mentor dengan harmonisasi lagu yang mereka bawakan di atas panggung. “Wow. Ocha, malam ini wow... saya masih, aduh. Saya speachless . Kalian itu menunjukkan girl power gitu ,” kata Afgan.

Kritikan tajam juri juga dialamatkan kepada Aldy Saputra karena penampilannya terlalu flat pada malam itu saat membawakan lagu dari One Direction berjudul You and I. “Penampilanmu malam ini flat nyanyikan lagu ini yang berkarakter simpel dan soulful, tapi kamu gak ada improvisasi yang membuat lagu ini jadi wow meskipun suaramu bagus. Harus diolah biar gak terdengar pitchy.

Ini saran agar lebih bagus dan bisa kuasai panggung lagi,” kritik Rossa. “Setuju sama teh Ocha, penampilanmu flat banget. Coba kamu harus berani menantang diri keluar dari zona nyamanmu deh,” imbuh Afgan. Namun,Bebi selaku mentor Aldy Saputra menyanggah komentar miring juri dengan mengatakan ada dua tipikal suara vokal dan Aldy masuk kategori lead singer.

Dengan tersisihnya Sierra, maka gala show X Factor Indonesia season 2 kini meninggalkan 12 kontestan yang akan berlaga pekan depan, yakni Jebe & Patty, Jad n Sugy, dan Classy (grup), Ismi Riza, Ajeng Astiani, Clarisa Dewi, Riska Wulandari (girls ), Sulle Wijaya, Angela July, dan Desy Natalia (overage), Aldy Saputra dan Ramli Nurhappi (boys ) yang akan kembali bersaing untuk babak 12 besar yang mengambil tema hits Indonesia satu dekade yang akan ditayangkan langsung RCTI pada Jumat (19/6) mendatang mulai pukul 21.00 WIB.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4307 seconds (0.1#10.140)