Strategi Telkomsel Sambut Ramadan dan Lebaran

Minggu, 14 Juni 2015 - 09:21 WIB
Strategi Telkomsel Sambut Ramadan dan Lebaran
Strategi Telkomsel Sambut Ramadan dan Lebaran
A A A
Telkomsel memastikan akses telekomunikasi di sepanjang jalur mudik antara pulau Jawa hingga Bali berfungsi prima. Hal itu diungkap setelah Network Drive Test atau Uji Coba Jaringan dari Banyuwangi ke Denpasar pada 4-5 Juni 2015 silam usai dilakukan.

Hasilnya, sinyal Telkomsel continous100% , sementara 93,63% jalur Banyuwangi-Denpasar sepanjang 147 km sudah terkover oleh jaringan 3G. Menurut Direktur Network Telkomsel Sukardi Silalahi, lonjakan trafik mencapai puncaknya pada masa menjelang mudik dan lebaran. ”Layanan data akan mengalami peningkatan tertinggi, karena semakin banyaknya pelanggan memakai data untuk aplikasi di smartphone,” ungkap Sukardi.

Di jalur mudik dan tujuan wisata, lonjakan trafik SMS mencapai 10%- 20% menjadi 1,5 miliar SMS. Trafik voice diperkirakan akan meningkat hingga 8%. Adapun trafik data naik 20%-25% menjadi 1,6 juta GB atau sekitar 137,4% dibanding masa Lebaran 2014 lalu. Untuk mengantisipasinya, Telkomsel menyediakan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan.

Di sepanjang jalur utama mudik Sumatera, Jawa, Bali, serta beberapa lokasi mudik telah disediakan kelonggaran kapasitas sebesar 40%- 60%. Di Jawa Timur, misalnya, kelonggaran kapasitas 43% sedangkan Bali 56%. Selain itu, di lokasi dengan lonjakan komunikasi tinggi, Telkomsel memaksimalkan kapasitas dan menyiagakan 62 unit COMBAT (Compact Mobile Base Station) agar akses komunikasi khususnya data tetap lancar.

”Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) yang dilakukan sepanjang tahun di berbagai daerah juga akan mendukung jaringan prima selama Ramadan dan Lebaran,” ungkap Sukardi. Secara total ada806 BTS yang di-upgradeada di seluruh Indonesia, 18 BTS di-modernisasi, serta 59 BTS baru dibangun. Hingga saat ini Telkomsel memiliki 95.000 BTS di seluruh Indonesia, dengan 50% diantaranya adalah 3G.

TrueBEx Jamin Kelancaran Data

Telkomsel berupaya menjamin kelancaran layanan data lewat program yang disebut TrueBEx atau True Broadband Experience. TrueBEx memastikan quality of servicedengan menjamin kelancaran kegiatan video streaming, browsing, chatting, serta gaming. Menurut Sukardi, pihaknya telah mengidentifikasi 781 titik hotspot yang disebut premium (public service, religion areas, mal danindoor center, uniqueness areas, sertamassive areas).

Di tempat-tempat itulah kualitas layanan data ditingkatkan.Termasuk diantaranya mendorong layanan Telkomsel 4G LTE yang sudah tersedia di Jakarta, Bandung, Bali, Surabaya, dan Medan. Pengguna 4G Telkomsel saat ini telah menembus angka 500.000. Salah satu fokus TruBEx adalah kota seperti Banyuwangi yang pada saat Ramadan dan Lebaran banyak dipadati wisatawan lokal maupun mancanegara karena destinasi wisata yang semakin populer. Di Banyuwangi sendiri Telkomsel memiliki 740 ribu pelanggan.

Danang arradian
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5852 seconds (0.1#10.140)