Cara Dapatkan Gigi Putih Cemerlang

Senin, 15 Juni 2015 - 09:21 WIB
Cara Dapatkan Gigi Putih Cemerlang
Cara Dapatkan Gigi Putih Cemerlang
A A A
SENYUM yang cerah dengan deretan gigi berwarna putih akan meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Banyak cara dan teknologi terbaru yang bisa diaplikasikan untuk mendapatkan hal tersebut dengan waktu yang cukup singkat.

Menurut Drg Anton Rahardjo MKM PhD, dari Bagian Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Gigi Pencegahan FKG UI, ada beberapa hal yang menyebabkan gigi berwarna kusam. Salah satunya kecelakaan, misalnya gigi terbentur dengan keras, maka akan menyebabkan saraf-saraf gigi mati. “Jika saraf-saraf gigi mati, warna gigi akan menjadi lebih gelap,” tutur Dokter Anton.

Dokter Anton juga menjelaskan, merokok juga dapat menyebabkan gigi berwarna kusam. Jika gigi terkontaminasi oleh asap rokok terusmenerus dalam jangka waktu yang lama, dapat menyebabkan warna gigi menjadi kecokelatan. “Selain kecelakaan dan merokok, meminum minuman yang berwarna, misalnya minum kopi, teh, atau minuman bersoda yang berwarna pekat,” tambah Dokter Anton.

Salah satu hal yang paling sering dilakukan orang untuk memutihkan gigi adalah dengan menyikat gigi menggunakan pasta gigi. Baru-baru ini pun CloseUp sebuah merek pasta gigi meluncurkan produk pasta gigi terbarunya, yaitu CloseUp Diamond Attraction.

Menurut Kara Darusman, Assistant Brand Manager CloseUp PT Unilever Indonesia, CloseUp Diamond Attraction dilengkapi dengan inovasi BlueLightTechnology yang mampu membuat gigi tampak putih memikat sejak satu kali sikat.

Inovasi ini juga sekaligus dibuat sebagai bentuk memahami keinginan banyak orang untuk memiliki senyum indah dengan gigi putih memikat. “Teknologi ini akan beraksi sebagai filter optik yang menyeimbangkan cahaya yang dipantulkan gigi sehingga cahaya yang sampai ke mata akan membuat gigi tampak lebih putih sejak satu kali sikat,” ujar Kara.

Kandungan silica yang terdapat di dalam pasta gigi ini juga mampu membersihkan gigi dari noda yang disebabkan makanan dan minuman berwarna. “Jika digunakan secara teratur dua kali sehari misalnya, akan mampu membuat gigi tampak lebih putih alami secara bertahap,” tambah Kara.

Tampilan gigi putih ternyata juga bisa didapatkan dengan sikat gigi berteknologi tinggi misalnya menggunakan sikat gigi elektrik Philips Sonicare Diamond Clean Rechargeable Sonic Toothbrush ataupun Oral-B Professional Deep Sweep Triaction 1000. “Sikat gigi elektrik tidak hanya dapat menghapus plak, tapi juga bisa menstimulasi gusi sehingga tumbuh dengan sehat,” kata Jeffrey Golub-Evan, seorang dokter gigi kosmetik asal New York City yang dilansir dari Allure.com .

Selain menggunakan pasta gigi dan sikat gigi elektrik, pemutihan gigi juga bisa dilakukan di tempat praktik dokter gigi dengan perawatan bleaching dan veneer . Dokter Anton menjelaskan, bleaching adalah suatu tindakan untuk menghilangkan pewarnaan pada gigi secara kimiawi dengan menggunakan hidrogen peroksida.

Hidrogen peroksida inilah yang akan menghasilkan radikal bebas, yang akan bereaksi dengan molekul organik dalam email gigi. Dengan adanya reaksi ini, molekul organik yang berukuran besar dan berpigmentasi tinggi akan menjadi molekul berukuran lebih kecil dan lebih sedikit pigmen. Molekul kecil ini lebih sedikit merefleksikan cahaya. Hasil akhirnya gigi tampak lebih putih.

Sementara veneer adalah tindakan koreksi gigi dengan menutup permukaan gigi menggunakan lapisan porselen yang sifatnya permanen sehingga gigi akan tampak lebih putih. “Namun, sebelum pengaplikasian porselen, karang yang ada di sela-sela gigi harus dibersihkan terlebih dahulu sehingga gigi dapat terlapisi porselen dengan merata,” tambah Dokter Anton.

Para dokter gigi biasanya selalu menggunakan alat berteknologi tinggi untuk memutihkan gigi para pasien. Salah satu alat tersebut adalah Philips Zoom White Speed. Berdasarkan informasi yang dilansir dari Allure.com , para dokter biasanya mengombinasikan peroksida dan lampu LED yang ada dalam alat untuk memutihkan gigi pasien.

Hanya dengan perawatan selama 45 menit, maka gigi akan tampak putih seketika. Jika Anda malas untuk ke dokter gigi, tapi tetap menginginkan tampilan gigi putih, GLO Brilliant Personal Teeth Whitening Device adalah solusinya.

Menurut Dr Jonathan B Levine, seperti yang dikutip dari Gloscience.com , alat ini dapat membantu mencerahkan gigi dari berbagai noda seperti kopi, rokok, efek obat, dan sebagainya. Alat ini memancarkan sinar yang menggunakan Guided Light Optics dan panas dari sinar birunya mengaktifkan gel pencerah .

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6473 seconds (0.1#10.140)