Tampilan Segar saat Puasa

Selasa, 23 Juni 2015 - 09:45 WIB
Tampilan Segar saat Puasa
Tampilan Segar saat Puasa
A A A
BIBIR mengalami kekeringan dan pecahpecah karena kurangnya asupan air saat puasa bisa dicegah dengan menggunakan lip balm. Hal tersebut bisa menjadi solusi tepat agar mendapatkan tampilan bibir yang segar.

Menurut Iman Pulungan, make-up specialist The Body Shop Indonesia, masalah yang sering dihadapi wanita saat berpuasa adalah bibir kering dan pecah-pecah. “Saat berpuasa, kita kurang minum air, kulit kita jadi cepat sekali kering. Tidak hanya kulit, tapi bibir pun ikut mengering. Karena itulah, penggunaan lip balm cukup penting,” ujar Iman.

Selain berpuasa, menurut Iman, ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah, salah satunya menjilati bibir. “Hindari menjilat bibir dengan air liur terlalu sering. Karena justru dengan menguapnya air liur dari bibir, akan menyebabkan kekeringan,” tambah Iman. Penghapusan lipstik yang tidak bersih juga dapat membuat bibir menjadi kering dan pecahpecah.

“Bersihkan bibir dengan pembersih khusus karena sensitivitas bibir berbeda dengan bagian wajah lainnya,” sebut Iman. Sementara itu, menurut dokter kulit Francesca Fusco, seperti dilansir Allure.com , kulit adalah organ yang rumit dengan dua lapisan utama yang terdiri dari lapisan atas dan stratum korneum . Kulit mati yang terdapat di bibir secara otomatis akan terkelupas dan kemudian digantikan sel-sel kulit baru yang lebih segar.

Proses pergantian sel tersebut merupakan hal yang alamiah. Fusco menyebutkan, bibir pecah-pecah tidak hanya disebabkan cuaca panas, cuaca yang dingin pun dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. “Saat cuaca dingin dan lingkungan memiliki kelembapan yang rendah. Saat itulah kelembapan di kulit akan lebih cepat menghilang sehingga bisa menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah,” kata Fusco.

Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah bibir pecah-pecah adalah penggunaan lip balm secara teratur. “Ketika Anda menerapkan lip balm secara teratur, Anda menciptakan sebuah pelindung yang mencegah penguapan air dari lapisan dalam kulit bibir. Penggunaan lip balm juga akan menghambat pengeringan sehingga lapisan basal berhenti mendapatkan sinyal untuk menghasilkan sel-sel kulit baru,” ujar Fusco.

Menurut Fusco, lip balm yang baik memiliki tekstur yang kental cenderung padat sehingga dapat masuk ke celah-celah bibir yang kering. Sementara itu, formula lip balm yang baik, menurut Fusco, adalah formula khusus yang dapat menghidrasi bibir secara maksimal. Formula tersebut di antaranya petrolatum, shea butter, asam hyaluronic , dan dimethicone .

Selain membuat bibir lembap, lip balm dengan varian warna natural dan fresh bisa membuat penampilan tampak segar dan alami. Sementara itu, menurut dokter kulit Audrey Kunin seperti dilansir Allure.com , penggunaan pasta gigi, obat kumur, pemutih gigi atau bahkan pembersih wajah dapat mengurangi keseimbangan pH dalam mulut sehingga menyebabkan bibir pecah-pecah.

“Gunakan lip balm setelah menyikat gigi atau mencuci wajah Anda. Hal ini dapat membantu menyeimbangkan pH dalam kulit dan mencegah bibir pecah-pecah,” ujar Kunin. Ada beberapa produk lip balm yang disarankan Fusco, salah satunya Maybelline New York Baby Lips. Lip balm ini begitu populer. Bahkan, tujuh lip balm ini terjual setiap 15 detik di seluruh dunia.

Ada pula EOS Smooth Sphere Lip Balm. Lip balm berbentuk telur ini sangat populer di kalangan artis Hollywood, seperti Miley Cyrus di video musik We CanWe Cant Stop , Jennifer Lopez di video musik Booty , dam Kim Kardashian di foto yang diunggah di Twitter .

Apabila bibir sudah terlanjur mengalami pecah- pecah, Kunin menyarankan untuk melakukan exfoliation atau pengelupasan lembut dengan buffing lips yang diaplikasikan dengan lap basah atau sikat gigi bayi. “Gunakan sekitar satu tetes buffing lips , kemudian gosokkan secara lembut di tepi bibir Anda,” sebut Kunin.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9251 seconds (0.1#10.140)