Seni yang Mudah Dibuat

Senin, 29 Juni 2015 - 11:06 WIB
Seni yang Mudah Dibuat
Seni yang Mudah Dibuat
A A A
TERARIUM merupakan seni bertanam yang paling mudah dibuat oleh orang awam sekalipun. Hanya bermodalkan wadah, tanaman, dan tanah, setiap orang sudah bisa membuat terarium.

Cara membuat terarium adalah dengan menggunakan wadah yang harus disterilkan dengan alkohol terlebih dahulu. Lalu masukkan komposisi drainasenya untuk menjaga kelembapan dan aerasi akar, masukkan penyangga kelembapan -bisa berupa spaghnum moss . Kemudian beri media tanam, usahakan medianya memiliki porositas yang baik, misal campuran sekam bakar dan kompos atau pasir malang, sekam bakar, dan pupuk kandang.

Setelah itu, masukkan tanaman dan akar harus tertutup seluruhnya oleh media tanam. Terakhir, pilih hiasan yang tidak mengerak dan membuat panas media tanam, seperti batu warna dengan cat tembok biasa. “Setiap orang bisa memilih media tanam yang ingin dipakai, bisa menggunakan pasir atau batu. Kalau saya lebih senang untuk memakai pasir pantai dalam terarium yang saya buat,” ujar Natasha.

Selain teknik-teknik dalam menanam terarium, komposisi tanaman untuk membuat terarium juga perlu diperhatikan agar dapat menghasilkan tanaman terarium yang indah. “Komposisi tanaman harus serasi, coba pertama tentukan tema tamannya terlebih dahulu. Setelah itu tentukan komposisi warna hiasan dan tanaman yang akan digunakan. Kemudian cobalah berimajinasi dengan menggabungkan beberapa tanaman yang sesuai konsepnya,” ungkap Raden. Dalam membuat terarium pun setiap orang bisa mengkreasikannya dengan berbagai cara.

Biasanya setiap tanaman yang dibeli langsung dimasukkan ke dalam wadah terarium dan dirangkai sesuai dengan keinginan mereka. Namun, tidak masalah juga jika tanaman dipotong untuk menyesuaikan tema dan ukuran tanaman asalkan akar tanaman tetap terjaga. Saat ini juga setiap tanaman yang ingin ditanam di dalam terarium sudah banyak terdapat di supermarket yang ada di Jakarta. Membuat suatu tanaman terarium merupakan selera tersendiri yang dimiliki oleh masing-masing orang yang membuatnya. Tidak ada tema tertentu yang harus disiapkan oleh seseorang untuk membuat terarium.

“Saya tidak pernah menggunakan tema khusus dalam membuat terarium. Saya hanya memasukkan tanaman tersebut ke dalam wadah dan melihat tampilannya untuk membentuk suatu hasil yang cantik,” tutur Natasha. Namun, banyak juga orang yang memang menentukan tema dalam membuat terarium mereka.

“Pada 2013 saya pernah mengikuti workshop terarium dan pada dasarnya saya kuliah dalam ilmu pertanian yang alhamdulillah mendukung saya dalam menentukan komposisi media terarium yang pas,” tutup Raden.

Andari novianti
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3269 seconds (0.1#10.140)
pixels