Lebih Berkilau dengan Hair Mask

Sabtu, 04 Juli 2015 - 11:41 WIB
Lebih Berkilau dengan Hair Mask
Lebih Berkilau dengan Hair Mask
A A A
TAMPILAN rambut yang indah, tentunya berasal dari perawatan rambut yang tepat. Tren rutinitas perawatan rambut terbaru dengan menggunakan hair mask atau masker rambut. Fungsinya menjaga rambut tetap sehat dan berkilau alami secara lebih intensif.

Dermatolog dr Lilik Norawati SpKK FINSDV mengatakan bahwa untuk tetap sehat, rambut membutuhkan asupan protein, zat besi, dan mineral lainnya. Faktor eksternal seperti sinar matahari, polusi, dan kebiasaan menata rambut dapat merusak lapisan luar dan kutikula rambut. Jika lapisan dalam rambut terekspos, rambut bisa menjadi kering dan kusam. “Karena itu, rambut memerlukan nutrisi ekstra, salah satunya dengan penggunaan hair mask ,” kata dr Lilik di Rumah Imam Bonjol, Kamis (2/7).

Sementara itu, hair expert Sonny Sutandar berpendapat, “Menjaga rambut tetap sehat indah berkilau merupakan bagian penting dari ekspresi pribadi, serta dapat meningkatkan rasa percaya diri.”

Senada dengan dr Lilik dan Sonny, Yosephine Widowati, Product Manager L’Oreal Paris Hair Care, menuturkan, untuk menjawab kebutuhan para wanita terhadap perawatan rambut yang dapat menutrisi rambut dengan maksimal, L’Oreal Paris meluncurkan hair mask yang diformulasikan secara khusus untuk menutrisi rambut hanya dalam satu menit.

“Ini berbeda dari kondisioner. Memang hasilnya terkesan sama, yakni membuat rambut lembut dan berkilau, tapi fungsinya berbeda. Hair mask bekerja lebih menutrisi batang rambut. Efeknya lebih jangka panjang,” ujar Yosephine. Hair mask tersebut terdiri dari tiga varian. Masing-masing varian memiliki fungsi dan bahan aktifnya yang berbeda-beda. Total Repair 5 untuk memperbaiki kondisi rambut yang rusak dengan for-mula bernama cermide .

Sementara itu, Smooth Intense diperkaya dengan argan oil agar rambut kusut tampak lebih halus. Hair mask lainnya, yaitu Fall Resist 3X dengan kandungan arganine untuk mendukung pertumbuhan rambut. Cara pemakaian hair mask tersebut pun tidak rumit. “Setelah menggunakan sampo dan kondisioner, pakaikan satu sachet hair mask dari tengah ke batang rambut. Diamkan selama satu menit, lalu bilas hingga bersih. Cukup gunakan satu minggu sekali,” kata Sonny.

Menurut, cosmetic chemist Nikita Wilson, seperti dilansir Allure.com , penggunaan hair mask memang lebih ideal digunakan seminggu sekali. Itu karena kandungan nutrisi hair mask yang lebih kompleks. “Hair mask biasanya mengandung bahan-bahan yang lebih kompleks, seperti minyak, silikon, dan quats, yaitu suatu bahan kimia yang dapat mencegah kekusutan rambut,” ujar Wilson.

Wilson mengatakan, bagi orang yang memiliki rambut yang sudah halus namun tipis, sebaiknya jangan sering-sering menggunakan hair mask. Cukup dengan menggunakan kondisioner di bagian ujung rambut, lalu dibilas hingga bersih. Jika seseorang memiliki rambut panjang yang ujung-ujungnya sudah mulai rusak, maka penggunaan hair mask disarankan seminggu dua kali.

“Rambut panjang yang sudah tua membutuhkan lebih banyak perhatian. Salah satunya dengan menggunakan hair mask, “ kata Wilson. Selain L’Oreal hair mask , ada beberapa produk hair mask lain, seperti Clear Scalp & Hair Beauty Therapy Ultra Shea Deep Nourishing Treatment Mask dan Ouidad Curl Recovery Melt-Down Extreme Repair Mask.

Kedua rangkaian hair mask tersebut sangat cocok digunakan untuk tipe rambut bergelombang maupun keriting karena bermanfaat untuk menjaga kelembapan rambut. “Produk ini memiliki kombinasi kandungan shea butter, biji bunga matahari, almond manis, dan minyak kelapa sehingga rambut keriting akan tampak mengkilap dan halus,” tutur Jenna Rosenstein, beauty writer, seperti dilansir Allure.com.

Ada pula Pantene Pro-V Weekly Rehab Creme yang mengandung minyak peppermint dan silikon yang berfungsi melapisi dan melindungi rambut dari proses styling yang merusak rambut.

Sementara, untuk wanita yang rambutnya sering terkena sinar matahari, Fekkai PrX Reparatives Intense Fortifying Masque merupakan produk hair mask yang tepat.

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5443 seconds (0.1#10.140)