Bakti Sosial untuk Warga Sekitar

Minggu, 05 Juli 2015 - 11:44 WIB
Bakti Sosial untuk Warga Sekitar
Bakti Sosial untuk Warga Sekitar
A A A
KOMUNITAS Semut Gunung (KSG) biasanya berkumpul untuk mendaki gunung-gunung di Indonesia.

Berbeda dengan jadwal sebelumnya, kali ini KSG berkumpul untuk melakukan kegiatan Bakti Sosial Cek Kesehatan Gratis yang diadakan pada bulan lalu, 14 Juni 2015, di Perguruan Islam Manhalun Nasyiin Jalan Dwiwarna II No5, Jakarta Pusat. Bakti Sosial Cek Kesehatan Gratis ini dilakukan dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Acara ini juga merupakan kegiatan sosial pertama yang dilakukan Komunitas Semut Gunung yang berdiri sejak 2010. Acara ini mengusung tema “Ulurkan Tangan Anda untuk Mereka”.

“Tema ini kami pilih karena mengingat pentingnya kesehatan saat ini yang tidak disadari banyak warga. Bagi beberapa warga, kesehatan menjadi nomor kesekian dan hal ini juga berdampak pada produktivitas warga dalam menjalankan aktivitas sehari-hari,” kata Indra Adi Wijaya selaku ketua panitia acara Bakti Sosial Cek Kesehatan Gratis.

Di lokasi acara yang juga menjadi tempat berkumpulnya Komunitas Semut Gunung ini, mereka membagikan 300 kupon untuk warga sekitar Sawah Besar. Setiap warga yang datang diharuskan melakukan pendaftaran terlebih dahulu, selanjutnya diarahkan untuk pengecekan tensi darah dan menunggu untuk pengecekan kolesterol, lalu pengecekan diabetes.

Rata-rata usia warga yang melakukan cek kesehatan gratis ini berusia 35 sampai dengan 60 tahun. “Yang hadir untuk medical check-up sebanyak 150 warga sekitar wilayah Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat. Acara ini juga dibantu teman-teman Adventure Medical Support (AMS) yang sebagian besar juga tergabung dalam pencinta alam,” lanjut Indra.

Pada saat menunggu giliran pengecekan para warga dihibur pementasan teman-teman Semut Gunung dengan menampilkan musikalisasi puisi. Tidak hanya memeriksa dan menghibur warga yang hadir, acara ini juga memberikan pengarahan kesehatan tentang pertolongan pertama gawat darurat (PPGD), khususnya pertolongan pertama pada saat berada di daerah pegunungan atau pada saat sedang mendaki gunung. Pengetahuan ini penting untuk anggota komunitas yang beberapa bulan sekali mendaki gunung.

balqis
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5395 seconds (0.1#10.140)