Maudy Ayunda Catat Multiplatinum

Rabu, 08 Juli 2015 - 09:38 WIB
Maudy Ayunda Catat Multiplatinum
Maudy Ayunda Catat Multiplatinum
A A A
Pembajakan karya musisi, baik fisik maupun digital, ditengarai sebagai biang masalah klasik dalam industri musik. Kendati demikian, tidak sedikit dari para musisi untuk terus berkarya dan meraih penghargaan Platinum.

Baru-baru ini penyanyi muda bertalenta Maudy Ayunda memperoleh predikat Multiplatinum lewat penjualan album barunya bertajuk “Moments”. Album yang diluncurkan pada 1 April 2015 itu telah terjual lebih dari 200.000 keping dalam waktu 2,5 bulan. Perempuan cantik dengan album pertama berjudul “Panggil Aku...” ini tidak menyangka bisa mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat, terlebih ketika mengeluarkan album terbarunya itu.

Dia tidak gencar melakukan promosi lantaran disibukkan oleh studinya di Oxford University, Inggris. “Dapat apresiasi, ya pastinya senang, terharu, dan enggak menyangka sama sekali. Awalnya enggak pede buat album solo karena ada ketakutan pembajakan, penjualan album kurang bagus, dan macammacam. Jadi, aku sudah mempersiapkan diri untuk tidak berekspektasi tinggi. Kenyataannya apresiasi masyarakat di luar ekspektasiku,” kata Maudy.

Torehan prestasi Multiplatinum ini membuat Maudy kian optimistis dan bersemangat untuk terus berkarya, termasuk bercita-cita menggelar konser tunggal kelak. Pada album kedua ini, Maudy bekerja sama dengan beberapa musikus papan atas Indonesia, seperti Badai Kerispatih, Nadya Fatira, Iwa K, Nino RAN, dan Tohpati. Perempuan kelahiran Jakarta, 19 Desember 1994, ini juga berduet dengan penyanyi YouTube berkebangsaan Amerika Serikat berdarah Korea, David Choi.

Mereka berkolaborasi menyanyikan lagu Be My Side. Hadirnya banyak musisi dalam albumnya, tidak membuat penyanyi yang dikenal publik lewat perannya sebagai Kugy dalam film Perahu Kertas 1 dan 2 ini duduk manis. Maudy juga ikut membuat dua lagu, yakni Sekali Lagi dan This Moment. Sementara itu, salah satu host Dahsyat RCTI Raffi Ahmad juga membukukan prestasi atas penjualan album solonya bertajuk “Kamulah Takdirku”.

Dalam waktu tiga hari setelah diluncurkan, penjualannya membukukan 70.000 kopi. Angka itu membuatnya meraih penghargaan Platinum. “Alhamdulillah pas tiga hari pertama launching sudah dapat Platinum. Saya juga kaget hasil penjualan albumnya kayak gitu . Saya kan bukan penyanyi, tapi senanglah dapat apresiasi dari masyarakat, dan ini di luar perkiraan yang diterima,” kata Raffi seusai acara Dahsyat di Studio 9 RCTI, Kebon Jeruk, Jakarta, belum lama ini.

Torehan Platinum juga dirasakan band Kotak. Album terbarunya, “Rock N Love”, terjual 120.000 keping dalam satu bulan. Tantri dan kawan-kawan berhak mendapatkan Multiplatinum. Adapun untuk penghargaan Platinum, musisi harus bisa meraih penjualan sebanyak 30.000 kopi. “Kami meraih empat Platinum dan pencapaian yang luar biasa di tengah kondisi penjualan fisik album sedang tidak baik. Semoga (penghargaan Platinum) memacu musisi lain untuk terus memberikan karya terbaiknya,” kata Tantri.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7631 seconds (0.1#10.140)