Cegah Kanker Paru-paru dengan Tindakan Agresif

Jum'at, 10 Juli 2015 - 08:05 WIB
Cegah Kanker Paru-paru dengan Tindakan Agresif
Cegah Kanker Paru-paru dengan Tindakan Agresif
A A A
JAKARTA - Kanker paru-paru merupakan momok bagi masyarakat. Pasalnya, kanker paru-paru merupakan penyakit mematikan yang berkembang dengan agresif.

Ahli Bedah Toraks dan Kardiovaskular Gleneagles Hospital, dr Su Jang Wen mengungkapkan, untuk mencegahnya diperlukan tindakan yang lebih agresif.

"Kanker paru-paru tergolong penyakit yang sangat agresif. Salah satu cara untuk mencegahnya, kita harus lebih agresif," papar dr. Su di Plaza Bapindo, Jakarta.

Lebih lanjut dr. Su menjelaskan, cara pencegahan dapat dilakukan melalui deteksi dini dengan CT-Scan Thorax dengan radiasi rendah. Melalui deteksi dini, dipercaya bisa membuat harapan hidup penderita semakin besar.

Namun, kebanyakan penderita baru mengetahui penyakitnya setelah memasuki stadium akhir. "Bila sudah masuk stadium 4, penyakit sulit disembuhkan. 95% penderita biasanya meninggal dalam kurun waktu sekitar empat bulan," jelasnya.

Sementara, gejala awal dari penyakit ini adalah sulit bernafas dan batuk yang tak kunjung sembuh. "Sulit bernafas, sering batuk, sebenarnya bisa menjadi gejala awal kanker paru-paru, namun hal ini seringkali tidak dianggap serius. Baru disadari jika sudah stadium akhir," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3892 seconds (0.1#10.140)