Semangat Persaingan Membuat Gallery Kian Membara

Sabtu, 11 Juli 2015 - 12:33 WIB
Semangat Persaingan Membuat Gallery Kian Membara
Semangat Persaingan Membuat Gallery Kian Membara
A A A
JAKARTA - Persaingan di Gallery MasterChef Indonesia 4 kian memanas setelah pekan lalu Andre dan Samuel harus tersingkir. Kini, 17 kontestan yang tersisa harus siap memperlihatkan yang terbaik agar tetap bertahan hingga babak final.

Pada episode 11 yang tayang pada Sabtu (4/7/2015), 19 peserta MasterChef Indonesia sempat dibuat bingung ketika memasuki Gallery. Mereka melihat cooking station mereka sudah berbentuk huruf U dan semuanya ada 4buah. Juri menjelaskan bahwa setting tersebut sengaja dilakukan, karena mereka telah menyiapkan Group Challenge.

Dalam tantangan ini, para peserta akan dibagi menjadi 4 grup, dengan tiap grupnya berisikan 5. Karena Risky adalah pemenang dari challenge terakhir, maka dia dapat memilihkan pembagian grup tersebut. Pembagiannya dia lakukan dengan cara memilih nomor 1—20 yang tertulis di sebuah papan, kemudian membagikannya.

Di balik nomor-nomor tersebut tertulis benua asal makanan yang akan dimasak, yaitu Amerika, Asia, Afrika, dan Eropa. Setiap grup harus memasak: Appetizer, Main Course, dan Soup. Setiap grup diberikan waktu 60 menit untuk menentukan masakan, siapa yang menjadi kapten, dan memasak masakan yang telah dipilih.

Begitu waktu usai, juri kemudian memulai proses sampling untuk mengetahui, mana dish yang layak mendapatkan acungan jempol dari kedua juri. Kali ini, yang memenangkan tantangan memasak grup adalah Tim Afrika dan Tim Eropa.

Sementara, Tim Asia dan Tim Amerika yang kalah harus menempuh Elimination Test. Kali ini, mereka harus menduplikasikan masakan Chef Arnold, yaitu Milk and Honey. Setelah melalui proses deliberasi, Chef Arnold dan Chef Matteo langsung memutuskan bahwa yang harus pulang lebih awal kali ini adalah Andre.

Pulangnya Andre membuat Gallery tambah panas. Pada episode 12, yang tayang pada Minggu (5/7/2015), Chef Arnold berhalangan hadir dan dia digantikan Chef William Gozali, yang merupakan pemenang MasterChef Indonesia 3.

Para peserta mendapati mystery box di station mereka dan di dalamnya ada penutup mata dengan berbagai warna. Kontestan harus berkumpul sesuai dengan warna penutup mata yang mereka terima. Dengan ini, mereka menjadi regu yang masing-masing terdiri dari 3 orang.

Untuk tantangan ini adalah Duplicate Dish Challenge. Kedua juri menjelaskan aturannya: kontestan harus menebak dish yang telah disiapkan dengan mata tertutup. Setelah itu, mereka harus menduplikasikan rasa dan tata letak makanan tersebut. Waktu untuk menyelesaikan tantangan ini adalah 60 menit.

Waktu memasak sudah selesai. Sir Matteo dan Chef William mencicipi satu persatu masakan setiap regu. Setelah didiskusikan, kedua juri menentukan bahwa 2 (dua) tim terbaik yang dinilai paling mampu menciptakan hidangan yang nikmat adalah Tim Pink (Yulia, Tere, Luvita) dan Tim Hitam (Axhiang, Risky, Anwar). Setelah kedua tim maju, juri memutuskan yang keluar sebagai juara dalam tantangan ini adalah Tim Hitam. Tim tersebut memenangkan 1 buah Immunity Pin. Keputusan regu ini adalah Axhiang yang layak menerima reward tersebut.

Untuk tantangan berikutnya, sesuatu yang menarik telah disiapkan tim MasterChef. Di depan podium juri telah disiapkan sebuah Mystery Box. Setelah dibuka, ada 3 (tiga) hidangan yang bisa dipilih untuk dimasak: Kenus Mabase yang dimasak dengan blender, Chocolate Mousse yang dimasak dengan mixer, dan ada Fettucini Pesto Clams yang dimasak dengan Pasta Maker.

Sebagai tim yang memenangkan challenge sebelumnya, Tim Hitam diperbolehkan tidak mengikuti tantangan ini dan naik ke balkon untuk menyaksikan rekan-rekan mereka memasak. Tim ini juga berhak memilih hidangan yang harus dimasak kontestan lainnya.

Mewakili timnya, Risky memilih menu Fettucini Pesto Clams sebagai hidangan tantangan bagi tim Pink. Setelah itu, Anwar dari Tim Hitam menukar alat dari 3 kontestan, yaitu yang awalnya Pasta Maker menjadi Rolling Pin. Mereka diberikan waktu memasak selama 60 menit.

Setelah selesai memasak, juri langsung menghampiri station para kontestan untuk melakukan food tasting. Makanan dari para kontestan yang dianggap juri buruk akan dipanggil ke depan. Setelah juri melakukan food tasting, akhirnya juri memanggil Deny, Mifta, Acep, Samuel, dan Yulia ke depan. Diantara para kontestan yang maju, akhirnya Yulia berhasil menjadi yang terbaik pada challenge ini. Namun sangat disayangkan, Samuel harus pulang di episode kali ini.

Para kontestan terus didorong untuk berinovasi agar dapat menyelesaikan berbagai tantangan dengin lebih baik dan cepat. Kedua juri kembali menantikan, siapa yang dapat memenuhi tantangan yang akan mereka tampilkan di episode berikutnya. Siapa yang akan bertahan di Gallery? Terus tonton MasterChef Indonesia 4, setiap Sabtu dan Minggu, pukul 14.00 WIB, hanya di RCTI!
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5012 seconds (0.1#10.140)