Kanker Paru-paru Tidak Hanya Disebabkan Rokok

Senin, 13 Juli 2015 - 08:15 WIB
Kanker Paru-paru Tidak Hanya Disebabkan Rokok
Kanker Paru-paru Tidak Hanya Disebabkan Rokok
A A A
JAKARTA - Umumnya masyarakat mengetahui, kanker paru-paru disebabkan oleh merokok. Namun faktanya, kanker paru-paru juga mengintai Anda yang tidak merokok.

"Saya tidak merokok jadi tidak punya kanker paru-paru, itu pernyataan yang salah. Sangat-sangat salah. Sekarang ini banyak ditemukan, tidak merokok tetapi terkena kanker," papar Ahli Bedah Toraks dan Kardiovaskular Gleneagles Hospital, dr Su Jang Wen di Plaza Bapindo, Jakarta.

Lebih lanjut dr Su menjelaskan, riwayat keluarga menjadi penyebab seseorang terkena kanker paru-paru. Bahkan, bahan kimia tertentu yang terkandung di dalam udara juga memicu seseorang menderita kanker paru-paru.

"Kalau ada anggota keluarga yang terkena kanker paru-paru di usia muda, misalnya usia 40 tahun, kemungkinan besar bisa menurunkan pada anak-anaknya. Oleh karena itu, sebaiknya, anggota keluarga lainnya melakukan pengecekan secara rutin," jelasnya.

Perokok selama lebih dari 10 tahun dan memiliki riwayat keluarga yang mengidap kanker paru, dianjurkan segera melakukan CT Throax dengan radiasi rendah setiap tahunnya. Hal ini bertujuan untuk mendeteksi dini kemungkinan adanya kanker paru-paru.

Bila kanker dapat terdeteksi dini, maka pasien berpeluang besar untuk sembuh. "Perokok lebih dari 10 tahun, mempunyai riwayat keluarga yang mengidap kanker, perlu melakukan CT Thorax dengan radiasi rendah setiap tahunnya. Karena mereka berisiko menderita kanker paru-paru. Ini merupakan cara sederhana dan murah," tandasnya.
(nfl)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1295 seconds (10.177#12.26)