Memperlambat Penuaan Rambut

Senin, 20 Juli 2015 - 09:25 WIB
Memperlambat Penuaan Rambut
Memperlambat Penuaan Rambut
A A A
PENUAAN pada rambut bukan sesuatu hal yang dapat dihindari. Kebaiasaan perawatan rambut yang tidak tepat dan pemilihan produk yang salah akan semakin mempercepat proses penuaan rambut.

Namun meskipun demikian, penuaan pada rambut bisa diperlambat asalkan setiap orang tahu cara yang benar merawat rambut. Menurut dr. Lilik Norawati Ashadi, dokter spesialis kulit dari Departemen Kulit RSPAD Gatot Subroto, penuaan pada rambut secara umum sebenarnya dimuali saat seseorang memasuki usia 30 tahun yaitu dengan munculnya rambut uban atau rambut yang berwarna putih.

“Penuaan pada rambut disebabkan oleh menurunnya sel melanosit yang berfungsi untuk memproduksi melanin, yaitu suatu senyawa penting yang berada di dalam akar rambut untuk mencegah rambut memutih,” tutur Dokter Lilik dalam acara L'Oreal Paris, di Rumah Imam Bonjol, Jakarta beberapa waktu lalu. Banyak faktor yang melatarbelakangi proses penuaan rambut, mulai dari faktor internal berupa genetik dan faktor eksternal berupa paparan sinar matari, polusi udara, dan perawatan rambut yang tidak tepat.

“Secara kasat mata, rambut yang mengalami penuaan akan beruban, kering, sekaligus kasar,” tambah Dokter Lilik. Penuaan pada rambut sebenarnya adalah suatu proses yang tidak dapat dihindari namun dapat diperlambat. Berdasarkan informasi yang dilansir Allure.com, ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar penuaan rambut dapat diperlambat sekaligus membuat rambut nampak lebih muda. Salah satunya adalah dengan membilas rambut secara bersih ketika berkeramas.

Menurut dokter kulit Francesca Fusco, saat menginjak masa menopause, kulit kepala seorang wanita akan cenderung menipis dan penumpukan residu sisa keramas lebih rentan terjadi. Apabila residu sisa keramas dibiarkan terus menerus menumpuk maka akar rambut tidak akan kuat sehingga menyebabkan rambut mudah rontok. "Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sampo juga bisa menyisakan residu pada kulit kepala. Karena itulah setelah keramas sebaiknya bilas rambut sebersih mungkin," tutur Fusco.

Setelah keramas biasanya rambut akan basah, Fusco juga menyarankan agar tidak menggosok-gosok rambut dengan handuk apalagi menggosok-gosok ke berbagai arah secara tidak beraturan karena hal tersebut bisa menyebabkan rambut mudah bercabang Fusco menyarankan untuk menepuknepuk rambut dengan handuk kering secara lembut dari bagian akar hingga ujung rambut.

“Apabila rambut masih basah dan Anda ingin menyisinya, gunakan sisir bergerigi besar dan jarang. Karena ketika rambut masih basah biasanya rambut lebih rapuh,” tambah Fusco. Sementara itu, penata rambut Nathaniel Hawkins berpendapat saat rambut basah, adalah saat terbaik untuk menambahkan nutrisi ekstra pada rambut. Nutrisi ekstra tersebut bisa diperoleh dari deep-conditioning cream dengan minyak esensial.

“Sekali waktu Anda juga bisa menggunakan minyak pra-sampo di kamar mandi seperti Kerastase Elixir Ultime Oléo-Complexe saat rambut Anda sudah basah,” tambah Hawkins. Penggunaan hairdryerataupun flatirons sebaiknya juga jangan terlalu panas. Menurut Hawkins, penggunaan hairdryer yang terlalu panas akan menyebabkan rambut menjadi kering dan rusak.

Hawkins menyarankan untuk menggunakan Hairdryer Coolway System, “Produk ini dilengkapi dengan teknologi ionic blow-dryersdengan kekuatan 2000 watt sekaligus besi keramik berbahan silikon. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan semprotan pelindung panas sebelum proses styling," kata Hawkins. Penggunaan aksesori rambut yang terlalu ketat seperti kuncir rambut, kepang, topknots, dan turban juga dapat mempercepat penuaan rambut.

Hawkins menyarankan untuk sedikit melonggarkan aksesori rambut tersebut agar tidak timbul bekas garis rambut yang justru membuat rambut mudah patah. “Hindari pula produk rambut seperti gel, mousse, atau hair sprayyang memiliki kadar alkohol terlalu tinggi karena akan menyebabkan rambut mudah kering,” tambah Hawkins.

Berdasarkan informasi yang dilansir dari Dailymail.co.uk terdapat salah satu produk perawatan rambut yang dikhususkan untuk mengatasi penuaan pada rambut yaitu Phyto Phytodensium Age-Defying Serum.

Serum ini merupakan kombinasi yang kuat dari ekstrak tanaman yang dapat membantu rambut mendapatkan kembali volume dan vitalitasnya. “Produk ini juga dapat membantu menghambat pertumbuhan uban,” tutur kolumnis Tamara Abraham.

Dwi nur ratnaningsih
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9117 seconds (0.1#10.140)
pixels