Tradisi Lebaran Para Artis

Senin, 20 Juli 2015 - 09:26 WIB
Tradisi Lebaran Para Artis
Tradisi Lebaran Para Artis
A A A
HARI raya Idul Fitri lekat dengan beragam tradisi yang dilakukan umat muslim di Indonesia. Beberapa artis juga memiliki tradisi khas yang dilakukan dalam keluarga saat Lebaran. Seperti apa?

Suasana Idul Fitri bagi presenter Raffi Ahmad kian hidup dan berwarna setelah menikah dengan Nagita Slavina atau yang biasa disapa Gigi pada 17 Oktober 2014 lalu. Layaknya keluarga baru, keduanya juga punya tradisi yang harus dilakukan tiap tahunnya.

”Kumpul sama keluarga. Namun, di rumah tidak ada sungkeman khusus. Kalau Gigi biasanya pulang ke Yogyakarta, kampung halaman mamanya, tapi karena sedang hamil besar dan tidak bisa naik pesawat, jadi kami hanya berlebaran di Bandung pada tahun ini,” ujar pria berdarah Sunda-Pakistan ini. Kesibukan Raffi yang padat membuatnya hanya menghabiskan dua hari di kota kelahirannya tersebut. Selain itu, saat Lebaran dia juga berziarah ke makam ayahnya dan sahabatnya, Olga Syahputra.

”Kami berdua hanya dua hari di Bandung karena harus kembali ke Jakarta untuk berkumpul dengan mamanya Gigi yang baru kembali dari Yogyakarta,” tutur Raffi. Untuk menu hidangan di meja makan saat Lebaran, Raffi mengaku tidak ada bedanya dengan keluarga pada umumnya dari tahun sebelumnya. ”Kalau untuk makanan standar orang Lebaran. Ada ketupat sayur, opor ayam, sambal goreng ati dan lain-lainnya,” sebutnya.

Aktris Acha Septriasa juga memiliki tradisi sendiri di dalam keluarganya saat Lebaran. Utamanya, dia selalu rindu untuk menyantap masakan khas Minangkabau seperti gulai rebung dan gulai kambing yang wajib dibuat ibunya, Rita Emza. Aktris kelahiran Jakarta, 1 September 1989, ini sangat menyukai masakan ibundanya karena bumbu masakan punya ciri khas yang tidak dapat ditemukan dengan sajian restoran mana pun.

Karenanya, momentum makan bersama itulah yang membuat Lebaran terasa spesial dan istimewa bagi artis yang namanya dikenal publik lewat film Heart ini. Selain rindu pada masakan ibunda, dia juga punya kesibukan baru menjelang Lebaran. Dia sibuk menjual kue yang dibuat ibunya. Meski sudah menjadi artis, tradisi itu masih dijalankan sampai saat ini. Dia berjualan kue kering untuk memanfaatkan waktu kosong selama menunaikan ibadah puasa.

Hari raya Lebaran pada tahun ini juga dimanfaatkan aktris Raline Shah untuk mudik ke kampung halaman di Kota Medan. Bahkan, beberapa hari sebelum Lebaran, dia sudah menyiapkan tiket pesawat untuk pulang ke kampung halamannya. ”Hari Raya Lebaran memang momen yang selalu aku tunggu karena selama seminggu bersama keluarga di Medan. Di sana sekaligus refreshing mengusir kejenuhan aktivitas,” kata Raline.

Pemain film 99 Cahaya di Langit Eropa ini punya tradisi dalam keluarga, yaitu dalam keluarga mengenakan busana panjang khas Melayu sarimbit. Tahun ini gaunnya berwarna cokelat dan sedikit ada hiasan motif bunga. ”Ibu yang belikan gaun karena sibuk gak sempat belanja, saat di Medan tinggal dipakai,” ucapnya.

Untuk makanan favorit saat Lebaran, dara kelahiran Jakarta, 4 Maret 1985 ini selalu kangen dengan lontong medan buatan ibunya. Menurutnya, lontong medan rasanya sangat enak dan khas. ”Ibuku jago masak, lontong medan itu buatannya paling enak sedunia,” tutur perempuan yang namanya dikenal lewat film 5 CM ini. Adapun bagi Indah Dewi Pertiwi (IDP), Lebaran adalah waktu yang paling tempat untuk menjalin silaturahmi.

Dengan jadwalnya sebagai seorang penyanyi yang cukup padat, penyanyi asal Bogor memang tidak bisa sewaktu-waktu mengunjungi keluarganya. Meskipun demikian, bukan berarti ia tak ingin menghabiskan waktu bersama mereka. ”Biasanya saat Lebaran itu sungkeman sama keluarga. Apalagi aku suka kadang bikin mama kesel, dan mama enggak pernah ngomong orangnya. Saat berkumpul juga kita bisa ketemu keluarga yang jarang ketemu,” kata IDP.

Ada beberapa tradisi yang dilakukan pelantun lagu Hipnotis ini bersama keluarganya tiap tahun. Salah satunya adalah sungkeman. ”Sungkeman sama mama dan anggota keluarga lain, terus keliling ke tetangga, ke rumah bapak sama nenek. Jadi, benar-benar ke pegunungan karena rumah bapak di pegunungan,” tuturnya seraya mengaku selalu menyediakan angpao bagi keponakannya.

Thomas manggalla
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3762 seconds (0.1#10.140)