Waspada! Wanita Duduk Terlalu Lama Berisiko Kanker

Sabtu, 25 Juli 2015 - 11:01 WIB
Waspada! Wanita Duduk Terlalu Lama Berisiko Kanker
Waspada! Wanita Duduk Terlalu Lama Berisiko Kanker
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, duduk terlalu lama membuat wanita berisiko terkena berbagai macam penyakit, kanker salah satunya.

Dilansir dari Live Science, wanita yang duduk lebih dari enam jam per hari dikabarkan lebih tinggi berisiko terkena kanker payudara dan kanker ovarium dibandingkan wanita yang duduk kurang dari tiga jam sehari.

Penelitian tersebut juga mengungkapkan, wanita yang duduk selama enam jam atau lebih setiap hari, 37% lebih mungkin meninggal selama periode 13 tahun. Sementara, pria yang duduk enam jam sehari atau lebih, risiko kematian meningkat 17%.

Dalam rentang 1992-2009, sekitar 18.000 pria dan 12.000 wanita didiagnosis kanker. Setelah melakukan analisis mendalam, peneliti tidak menemukan hubungan antara duduk terlalu lama terhadap pria. Namun pria obesitas yang duduk terlalu lama, berisiko terkena kanker.

"Beberapa faktor dapat menjelaskan hubungan positif antara waktu yang dihabiskan untuk duduk dan tingkat kematian yang lebih tinggi semua penyebab," papar Patel.

Lebih lanjut Patel menjelaskan, duduk terlalu lama memengaruhi metabolisme. "Waktu duduk berkepanjangan minim aktivitas fisik telah terbukti memengaruhi metabolisme, dan dapat memengaruhi hal-hal seperti trigliserida, lipoprotein tinggi, kolesterol, glukosa, obesitas dan kardiovaskular, dan penyakit kronis lainnya," jelas Patel.

Demi kesehatan, Patel menganjurkan untuk lebih aktif berdiri dalam berbagai kesempatan. Hal ini terutama berlaku pada pekerja kantoran.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4323 seconds (0.1#10.140)