Professional Women’s Week, Angkat Kiprah Wanita dalam Dunia Usaha dengan Predikat Multiperannya

Selasa, 21 September 2021 - 16:46 WIB
loading...
Professional Women’s Week, Angkat Kiprah Wanita dalam Dunia Usaha dengan Predikat Multiperannya
Para pembicara dan moderator dalam webinar yang diselenggarakan dalam rangkaian acara Professional Women’s Week, Senin (20/9/2021). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Riset Google menyebutkan, perempuan Indonesia lebih suka berwirausaha. Data lain menemukan pula bahwa Indonesia masuk ke urutan 20 sebagai negara dengan jumlah pengusaha wanita terbanyak.

Dalam tiga tahun terakhir, jumlah wirausahawan perempuan memang meningkat tiga kali lipat. Bahkan menurut Indrawan Nugroho, CEO sekaligus Co-Founder CIAS, pelaku UMKM di Indonesia 64,5%-nya adalah perempuan.



“Sebanyak 64,5% atau 37 juta pelaku UMKM di Indonesia dikelola oleh perempuan. Namun sayang aktivitas para penopang ekonomi bangsa ini tidak mendapat dukungan dari banyak pihak,” ujar Indrawan dalam Webinar Professional Women’s Week (PWW) bertajuk Wanita Pengusaha: Strategi Menang di Dunia Laki-laki, Senin (20/9/2021).

Indrawan mengatakan, sampai sekarang dunia usaha masih dikonotasikan sebagai dunianya laki-laki. Setidaknya ada tiga hal yang menjadi tantangan kaum hawa di ranah bisnis menurut suami desainer Nina Nugroho itu. Pertama, stereotip gender yang menyebutkan bahwa perempuan dipandang lemah secara emosional dan ambisi. Padahal stereotip ini tidak benar.

Tantangan kedua adalah norma di masyarakat. "Salah satu contoh, yang mesti bekerja itu laki-laki. Sementara perempuan cukup di rumah saja, mengurus suami dan anak-anak," ujar Indrawan.

Sifat multiperan wanita ternyata juga menjadi tantangan lain. Dalam satu waktu perempuan dituntut untuk bisa menjalankan peran sebagai ibu, istri, anak, sekaligus sahabat bagi orang-orang di sekitarnya. "Bagi para wanita yang ingin memulai bisnis, ketiga variabel tersebut perlu dipikirkan secara bijak," imbuh Indrawan.

Indrawan menegaskan pentingnya support system bagi perempuan yang menjalankan bisnis. Dengan terbangunnya support system yang dapat diandalkan, maka sebagian pekerjaan dapat didelegasikan.

“Di sini pentingnya memilih bisnis yang fleksibel dari sisi waktu dan tidak membuat stag. Anda punya kontrol, kapan Anda bekerja, kapan Anda ada waktu untuk keluarga. Pilihlah tim yang dapat diandalkan. Pilihlah karyawan yang dari awal benar-benar dapat diandalkan. Mendapatkan tim semacam ini memang tidak seperti sulap, butuh waktu. Dengan terbangunnya system kerja, maka wanita pengusaha ini akan tetap selalu hadir untuk suami, anak-anak, dan keluarganya pada saat dibutuhkan,” urai Indrawan.

Dalam acara yang sama namun di sesi webinar berbeda, tiga wanita inspiratif yaitu Prita Kemal Gani (Founder dan CEO LSPR), Intan Ayu Kartika (Brand Director Danone-Aqua), dan Hany Seviatry (Owner Batik Krakatoa) berbagi pengalaman mereka dalam membagi waktu antara karier dan keluarga.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)