Eminem, Penyanyi dengan Kosakata Terbanyak

Sabtu, 25 Juli 2015 - 10:39 WIB
Eminem, Penyanyi dengan...
Eminem, Penyanyi dengan Kosakata Terbanyak
A A A
BOB DYLAN mungkin bisa disebut sebagai salah satu musisi yang memiliki lirik-lirik yang puitis pada setiap lagunya.

Namun, Eminem dan Kanye West menjadi penyanyi yang memiliki kosakata terbanyak dibandingkan dengan legenda musisi folk tersebut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Musixmatch, Eminem menjadi musisi yang menggunakan kosakata terbanyak dalam setiap lagu yang ditulisnya.

Riset yang dilakukan ini setelah mengumpulkan 100 lagu yang paling padat secara linguistik dari 93 musisi dengan penjualan terbesar sepanjang masa. Mereka kemudian membandingkan kata yang dihitung dari lagu-lagu tersebut, mulai kata unik yang digunakan, total keseluruhan penggunaan kata, serta seberapa sering musisi menggunakan kata baru dalam lagu mereka.

Hal ini dilakukan untuk kemudian melihat musisi yang menggunakan kosakata luas. Analisis ini mampu memisahkan suara-suara yang diciptakan secara tidak sengaja, seperti “ooh” atau “aah” dan lain-lain, serta berbagai kata yang tidak berada di dalam kamus.

Keluarnya nama Marshall Bruce Mathers III atau lebih akrab dengan nama Eminem sebagai musisi yang menggunakan kosakata terluas ini tentunya tidak terlalu mengejutkan. Eminem sering menghabiskan waktu berjamjam mempelajari kamus bahasa Inggris untuk memperkaya kosakata dalam membuat lagu rap. Selain itu, pada akhir 2014 Eminem baru saja mencetak rekor dunia dengan lagu Rap God ciptaannya.

Lagu tersebut memiliki 1.560 kata dalam waktu 6 menit 4 detik atau kira-kira 4,28 kata per detiknya. Penyanyi dengan kosakata terbanyak kedua ditempati Jay-Z dengan 6.899 kata, Tupac Shakur dengan 6.569 kata, dan Kanye West dengan 5.069 kata.

Muncul sebagai satu-satunya musisi folk yang menyaingi para rapper tersebut, Bob Dylan berada di urutan kelima dengan total 4.883 kata. Tidak hanya itu, Bob Dylan juga tercatat sebagai musisi yang paling sering menggunakan kata baru dalam setiap lagunya, yakni dengan rata-rata satu kata baru setiap sembilan kata. Walaupun demikian, kosakata yang luas tidak bisa digunakan sebagai satu kesimpulan untuk menilai bahwa musisi tersebut lebih baik dari yang lain.

Sebagai contoh, Queen sebagai pencipta lagu Bohemian Rhapsody hanya memiliki total 2.668 kata, sementara lagu Taylor Swift yang sebagian besar bertemakan cinta atau patah hati memiliki total 2.524 kata.

Fatturahman
hakim
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1003 seconds (0.1#10.140)