Avril Terbebas Lyme

Selasa, 28 Juli 2015 - 10:01 WIB
Avril Terbebas Lyme
Avril Terbebas Lyme
A A A
Avril Lavigne akhirnya bisa kembali tampil di atas panggung setelah menjalani perawatan atas penyakit lyme yang dideritanya. Pada Desember 2012 lalu, pelantun single Sk8er Boy ini didiagnosis menderita penyakit yang disebabkan kutu yang cukup berbahaya.

Setelah berjuang selama tiga tahun, rocker perempuan asal Kanada ini tampil dalam upacara pembukaan Special Olympics World Games yang digelar di Los Angeles, Amerika Serikat, beberapa hari lalu. Bersamaan dengan dinyalakannya obor olimpiade, Avril tampil memukau menyanyikan lagu Fly dengan mengenakan gaun hitam.

Tembang itu baru saja dirilis pada April lalu dan memang diciptakan untuk mendukung olimpiade Special Olympics. Para pesertanya adalah mereka yang menderita keterbelakangan mental. “Ini merupakan malam yang sangat indah bagiku. Selamat untuk semua atlet,” tulis Avril dalam akun Instagram miliknya.

“Aku menulis lagu ini untuk memberikan keberanian kepada orang-orang yang sedang menghadapi tantangan untuk memberanikan dan memberikan mereka kekuatan,” sebutnya. Lagu Fly juga menjadi single pertama yang akhirnya dirilis saat dia sembuh dari penyakit lyme. Perempuan berusia 30 tahun ini berharap dapat memberikan inspirasi kepada banyak orang dengan lagu ciptaannya itu.

Avril mengaku lagu yang dibuatnya itu memberikan arti baru untuknya selama dia dirawat di rumah sakit. Soal penyakitnya itu, Avril baru memberitakan masalah kesehatannya itu kepada media pada April lalu. Dia sudah dinyatakan sembuh dari penyakit lyme, namun masih harus tetap berada di bawah pengawasan dokter.

“Aku benar-benar tidak menyangka bahwa gigitan kutu bisa menyebabkan hal seperti ini. Pada saat itu aku hanya bisa terbaring di kasur selama lima bulan,” kata Avril, seperti dilansir DailyMail. Selama menjalani proses penyembuhan, dia mendapat dukungan dari keluarga dan para penggemarnya, dan itu yang membuatnya bisa pulih secara cepat.

“Sejujurnya, aku merasa sangat dicintai dan memang hal tersebut terdengar sangat bodoh untuk dikatakan, tapi aku benar-benar sangat merasakan (kehadiran) para penggemarku selama proses (penyembuhan),” bebernya. Penyakit lyme adalah penyakit yang agak sulit untuk didiagnosis.

Penyakit lyme atau lyme disease merupakan salah satu jenis penyakit menular pada manusia dan hewan dengan perantara (vektor) berupa kutu. Penyakit ini diberi nama lyme dari kata old lyme, suatu kota di Connecticut, tempat kasus ini pertama kali ditemukan. Penyebabnya oleh Borrelia burgdoferi, bakteri dari golongan Spirochetes dan disebarkan secara luas oleh kutu Ixodes scapularis.

Kutu tersebut umumnya mengisap darah burung, hewan peliharaan, hewan liar, dan manusia. Karena penyakit itu, Avril sempat mendatangi beberapa rumah sakit, tetapi para dokter kesulitan menemukan penyakit yang dideritanya. Nyatanya, bukan hanya Avril yang mengalami masalah itu. Ben Stiller, komedian asal Amerika ini juga pernah menderita penyakit lyme.

Pada 2010 Ben didiagnosis mengalami penyakit lyme saat lututnya terasa sakit dan tidak kunjung hilang. Atas alasan tersebut, komedian yang tampil dalam film Tropic Thunder ini memeriksakan dirinya dan langsung mendapatkan perawatan. Dia cukup beruntung, penyakit yang dialaminya itu belum sampai di tahap lyme kronis, yang merupakan tahap terakhir penyakit lyme yang dapat menyerang otak manusia.

Satu tahun kemudian, Ben akhirnya bisa terbebas dari penyakit tersebut. Selebriti lainnya yang pernah terkena penyakit lyme , di antaranya Richard Gere. Bintang film Pretty Woman ini contoh lain dari penyakit yang mengerikan ini. Pada 2000 Richard terpaksa menunda proses syuting Autumn in New York karena harus dirawat selama beberapa bulan.

Fatturahman hakim
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8551 seconds (0.1#10.140)