Rizal Mantovani Bawa Horor Indonesia ke Asia

Selasa, 28 Juli 2015 - 10:01 WIB
Rizal Mantovani Bawa Horor Indonesia ke Asia
Rizal Mantovani Bawa Horor Indonesia ke Asia
A A A
Perkembangan film horor Tanah Air bisa dikatakan berjalan lambat. Meski demikian, tak sedikit karya sineas Indonesia mampu berprestasi internasional.

Belum lama ini film Wewe garapan Rizal Mantovani masuk dalam daftar program Asian Fear Fest (AFF ) 2015 . Sebelumnya ada Jose Purnomo atau Upi Avianto yang ikut mengharumkan perfilman lokal di kancah dunia. Film Wewe yang dirilis pada 16 April lalu itu ternyata cukup mendapat perhatian negara lain.

Film yang menceritakan hantu penunggu rumah tua ini diapresiasi AFF dan bisa dinikmati di 18 negara Asia lantaran AFF milik saluran televisi berbayar Thrill . “Wewe menjadi satu-satunya film Indonesia yang masuk daftar (AFF ). Paling tidak, terpilihnya Wewe bisa mengobati hasil kurang baik dan tidak puas dari pemutaran di sini (Indonesia) yang hanya ditonton 100.000 penonton,” kata Rizal.

Sutradara kelahiran Jakarta, 12 Agustus 1967, ini memang dikenal sebagai sutradara film horor bertangan dingin. Dia telah menghasilkan sederet karya film horor berkualitas dengan subgenre urban legend . Film-film Rizal yang mendapat apresiasi, di antaranya Jelangkung, Kuntilanak (1-3), Jenglot, dan Air Terjun Pengantin Phuket .

Asian Fear Fest merupakan program tahunan yang menghadirkan film-film horor dari beberapa negara di Asia. Film-film terpilih itu akan ditayangkan di 18 negara. Di antaranya, Singapura, Hong Kong, Korea Selatan, Filipina, dan Thailand. Wewe akan bersanding bersama sederet film horor papan atas Asia, seperti Perfect Proposal, film bergenre crime-thriller romantis asal Korea, Dirty Blood , dan thriller asal Tiongkok, Haunted Road.

Demikian juga dengan Jose Purnomo. Bisa dibilang dia sutradara spesialis film horor berkualitas diTanah Air. Banyak karyanya yang digemari dan dia presiasi dunia internasional. Salah satunya 308 produksi Hit Maker Studios. Film itu masuk nominasi Screamfest Horror Film Festival di Los Angeles, Amerika Serikat, pada 2013.

Dari 50.000 film yang ikut berkompetisi, hanya 14 film yang terpilih menjadi nominasi dan 308 salah satunya. Semua nominasi dipilih berdasarkan kategorinya oleh juri-juri yang sangat berpengalaman di film horor untuk memperoleh piala penghargaan Screamfest , seperti Wes Craven, Clive Barker, John Landis, Roy Lee, John Carpenter, Eli Roth, Sean Cunningham, Tobe Harper, dan Gary Tunnecliffe.

Sutradara Upi Avianto juga menjadi orang nomor satu di belakang layar yang mampu menghasilkan film horor berkualitas. Film Belenggu yang dirilis pada 28 Februari 2013 misalnya. Film itu ikut serta di ajang Festival FilmInternasional Brussels 2013.

Thomasmanggalla
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5066 seconds (0.1#10.140)