Tempat Belajar Fotografi Untuk Semua Umur

Minggu, 02 Agustus 2015 - 10:35 WIB
Tempat Belajar Fotografi Untuk Semua Umur
Tempat Belajar Fotografi Untuk Semua Umur
A A A
Banyak cara untuk belajar fotografi, salah satunya bergabung dengan Komunitas Belajar Fotografi (Jari) Regional Tangerang. Berawal dari sebuah milis di Facebook yang dibentuk pada 2009. Komunitas ini berdiri sebagai wadah kepada masyarakat luas untuk belajar fotografi yang sampai saat ini juga banyak menjadikan kegiatan tersebut sebagai hobi ataupun pekerjaan, baik itu dari kamera DSLR, SLR, maupun handphone .

Komunitas Jari yang telah mempunyai 87.680 anggota dari berbagai penjuru daerah, salah satunya hadir di regional Tangerang. Untuk di regional tersebut, Komunitas Jari berdiri pada Maret 2014. Komunitas yang telah menginjak usia satu tahun kini telah memiliki sebanyak 37 fotografer aktif.

Komunitas ini biasanya berkumpul di berpindah-pindah tempat karena biasnya menyesuaikan tema yang dipilih saat hunting foto. Setelah memotret beberapa foto mereka pun biasanya sharing tentang fotografi, seperti membahas teknik foto, cara pengambilan angel, dan kegiatan yang menyangkut fotografi lain.

Salah satu kopdar yang pernah dilakukan regional Tangerang, yaitu ke Pulau Untung Jawa. Biasanya, untuk hunting outdoor komunitas ini akan membahas lima tema fun hunting , yaitu macro, landscape, still life , model, dan human interest .

Namun, Komunitas Jari memiliki peraturan untuk setiap pengambilan foto model, di mana setiap regional ataupun anggota yang mengatas namakan Komunitas Jari tidak boleh mengandung unsur vulgar.

“Kami ingin menerapkan kode etik untuk tidak memposting foto yang vulgar karena komunitas ini kami buka untuk umum,” papar Okky salah satu pengurus Komunitas Jari Regional Tangerang.

Okky menambahkan, hampir setiap kegiatan pengurus pusat turut diundang untuk hadir baik menjadi tamu ataupun sharing ilmu fotografi kepada anggota. Ini juga merupakan menjalin silaturahmi antarkepengurusan pusat dengan anggota regional.

Komunitas Jari pun masih memberikan wawasan perihal fotografi melalui Facebook . Bagi yang ingin belajar, tapi tidak ada waktu untuk bertemu dapat bergabung dan menanyakan langsung melalui akun fanpage Facebook mereka, @BelajarFotografi, dan akun Instagram @komunitasjari

Balqis Eghnia
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5358 seconds (0.1#10.140)