5 Imunisasi Wajib Hepatitis B

Selasa, 04 Agustus 2015 - 10:09 WIB
5 Imunisasi Wajib Hepatitis B
5 Imunisasi Wajib Hepatitis B
A A A
Pemberian vaksinasi hepatitis B ini berguna untuk mencegah virus hepatitis B yang dapat menyerang dan merusak hati.

Bila hal itu terus terjadi sampai si anak dewasa, akan bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker hati.

Imunisasi BCG

Imunisasi ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit TBC. Dilakukan sekali pada bayi sebelum usia 3 bulan. Biasanya dilakukan bila bayi berusia 1 bulan. Bila bayi telah berusia lebih dari 3 bulan dan belum mendapat imunisasi BCG, harus dilakukan uji tuberkulin untuk mengetahui apakah bayi sudah terpapar bakteri TBC. Imunisasi bisa diberikan bila hasil tes tuberkulin negatif.

DPT

Diberikan untuk pencegahan terjadinya penyakit difteri, pertusis, dan tetanus. Penyakit difteri dapat menyebabkan pembengkakan dan penyumbatan pernapasan, serta mengeluarkan racun yang dapat melemahkan otot jantung. Penyakit pertusis yang dalam kondisi berat bisa menyebabkan terjadinya pneumonia. Kuman tetanus mengeluarkan racun yang menyerang syaraf otot tubuh sehingga otot menjadi kaku, sulit bergerak, dan bernapas.

Polio

Ini adalah jenis vaksinasi yang pemberiannya melalui oral (mulut). Imunisasi ini efektif mencegah penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan atau kecacatan. Imunisasi diberikan sebanyak empat kali, yaitu saat bayi berusia 1 sampai 4 bulan.

Campak

Tujuan pemberian imunisasi campak ini adalah mencegah penyakit campak. Pemberiannya hanya sekali, yaitu pada saat anak berusia 9 bulan. Pemberiannya dapat diulang pada saat anak masuk SD atau mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) yang dicanangkan pemerintah.

Iman
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5581 seconds (0.1#10.140)