Robert Dawney Jr Aktor Bayaran Tertinggi

Kamis, 06 Agustus 2015 - 07:39 WIB
Robert Dawney Jr Aktor Bayaran Tertinggi
Robert Dawney Jr Aktor Bayaran Tertinggi
A A A
SELAMA tiga tahun berturut-turut Robert Dawney Jr berhasil meraih pendapatan sebesar USD80 juta dari pekerjaan sebagai aktor.

Hal tersebut membuatnya menjadi aktor dengan bayaran tertinggi versi Forbes pada 2015 ini.

Sukses Robert Dawney Jr meraih pendapatan besar ini tidak lepas dari keterlibatannya di film Iron Man. Namun, kariernya selama di dunia seni peran memang cukup diperhitungkan. Robert yang lahir di New York, Amerika Serikat, 4 April 1965 ini, memulai kariernya sejak 1970. Beragam penghargaan telah diraih.

Dia berhasil memenangi Academy Awarddan Golden Globe. Film yang berhasil dibintanginya meliputi The Singing Detective, Kiss Kiss Bang Bang, A Scanner Darkly, Gothika, Zodiac, dan Tropic Thunder. Tahun depan, kariernya dipastikan tetap bersinar, setelah dia tampil dalam film Captain America: Civil War. Selebriti lain yang memperoleh pendapatan tertinggi yakni Jackie Chan. Dia berhasil mengumpulkan uang sebanyak USD50 juta.

Meskipun China merupakan negara asal Jackie, antusiasme masyarakat terhadap film Avengers: Age of Ultron justru lebih besar dengan berhasil meraih untung sebanyak USD240 juta. “Aku selalu melihat map. Kupikir dunia adalah kepunyaan kita. Amerika kepunyaanku. China kepunyaanmu,” kata Jackie. Forbessudah melakukan pencarian data untuk menyusun daftar aktor dengan bayaran tertinggi ini. Hasilnya adalah nama-nama artis Hollywood, Hong Kong, dan Bollywood menjadi beberapa asal aktor yang berhasil mendapatkan predikat aktor dengan bayaran tertinggi versi Forbes2015 ini.

Pencarian daftar nama aktor ini memang dilakukan secara internasional, tidak hanya berpatok pada aktor-aktor Hollywood. Liam Neeson dari Irlandia, Brit Daniel Craig, serta pemeran Wolverine dalam film X-Menmerupakan namanama yang sebelumnya pernah masuk dalam daftar aktor dengan bayaran tertinggi.

Sebagai hasil dari pencarian tersebut, terdapat 12 pendatang baru yang berhasil masuk ke dalam jajaran aktor dengan bayaran tertinggi pada tahun ini. Lima dari mereka adalah artis Bollywood. Tentu cukup mengejutkan. Bahkan, tiga di antaranya ternyata berhasil masuk ke posisi sepuluh besar. Nama-nama tersebut adalah Amitabh Bachchan dan Salman Khan. Mereka berada di posisi tujuh dan delapan dengan pendapatan bayaran yang sama sebesar USD33,5, menyusul di belakangnya Akshay Kumar dengan bayaran USD32,5 juta.

Enam di antara top 10 ini berasal dari Amerika Serikat, termasuk Vin Diesel, bintang film Fast Furious 7 yang berhasil mendapatkan bayaran sebesar USD47 juta atas keberhasilan filmnya itu. Keuntungan untuk film Fast and Furious 7sendiri diperkirakan mencapai USD1,5 miliar di seluruh dunia, 77% di antaranya merupakan hasil penjualan di Amerika Serikat, dan USD400 juta lagi merupakan hasil penjualan di negara China.

“Poin utama (dari film the Fast and the Furious) adalah untuk membuat variasi di Hollywood, dan entah bagaimana caranya, mengubah wajah Hollywood itu sendiri,” kata Diesel seperti dilansir Forbes. Belakangan ini box officeAmerika Serikat dan Kanada sempat menurun sebesar 5% ke angka USD10,4 miliar, di antara 2013-2014. Sementara antusiasme masyarakat global justru sedang kencang-kencangnya, terutama di China yang berhasil meningkat jauh, sebesar 34% ke angka USD4,8 miliar.

Adam Sandler melihat hal ini sebagai keuntungan yang mengetahui bahwa film-filmnya merupakan film yang populer di kalangan penonton di rumah. Adam menandatangani kontrak untuk membuat empat filmnya diputar secara eksklusif di NetFlix yang membantunya mengantongi keuntungan sebesar USD41 juta dari strategi tersebut, jauh lebih besar dibandingkan keuntungan yang diraih dari tayangan film-film di bioskop.

Sementara di urutan keempat, Bradley Cooper, bintang film American Sniperini mendapatkan bayaran sebesar USD41,5 juta. Film yang diperankan serta diproduseri oleh Bradley ini disutradarai oleh Clint Eastwood, setelah Steven Spielberg menolak untuk mengerjakan film militer tersebut.

Fatturahman hakim
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4509 seconds (0.1#10.140)