Dr Dre Donasikan Keuntungan Penjualan Album

Selasa, 11 Agustus 2015 - 09:22 WIB
Dr Dre Donasikan Keuntungan Penjualan Album
Dr Dre Donasikan Keuntungan Penjualan Album
A A A
ANDRE Romelle Young atau populer dengan nama panggung Dr Dre mengumumkan untuk mendonasikan seluruh royalti dari album terbarunya berjudul “Compton”.

Seluruh keuntungan yang didapat akan digunakan untuk mendanai pembangunan gedung kesenian di daerah kota pinggiran Los Angeles, Amerika Serikat, yakni kota yang merupakan tanah kelahirannya.

“Aku merasa hal itu merupakan langkah yang baik untuk dilakukan dan aku berharap semua orang bisa mengapresiasi kerja keras yang aku kerahkan dalam album ini,” kata Dr Dre seperti dilansir The Guardian .

“Selama ini aku selalu berusaha untuk melakukan hal yang spesial untuk (album) Compton,” tambahnya. Pria yang diestimasikan memiliki kekayaan bersih sebesar USD700 juta atau sekitar Rp9,1 triliun ini menunjukkan bahwa dia masih memiliki kepedulian terhadap lingkungan di sekitarnya.

Selain sukses menjalani karier sebagai musisi dan produser rekaman, pria berumur 50 tahun ini juga berhasil menambah kesuksesannya dalam penjualan headphone yang populer dengan nama Beats.

Dr Dre mengaku selama ini dirinya telah bekerja sama dengan Wali Kota Compton Aja Brown untuk melaksanakan pekerjaan mulia tersebut. “Aku telah menghubungi Aja Brown beberapa kali selama sebulan atau dua bulan lalu,” bebernya.

“Dia (Aja Brown) yang sebenarnya memiliki ide awal untuk mengembangkan Kota Compton dan ternyata dia sedang dalam proses pengerjaan (mengembangkan Kota Compton),” imbuhnya. Berawal dari pembicaraan itu, Dr Dre dan Brown memutuskan untuk bekerja sama dalam mendanai gedung kesenian.

Sementara untuk album terbarunya ini merupakan album baru yang dikeluarkan, setelah 16 tahun vakum tidak menghasilkan karya apa pun. Dalam album tersebut, Dr Dre menunjukkan kedewasaannya dalam penulisan lirik, lirik album sebelumnya berisi kata-kata yang kerap menyuarakan ide antikemapanan.

Pengerjaan album yang berisi 16 lagu ini sebenarnya sudah dimulai pada 1999, berkolaborasi dengan rapper ternama, seperti Kendrick Lamar, Snoop Dogg, Xzibit, Ice Cube, serta Eminem. Pada album ketiga ini, Dr Dre mengaku sebagai album yang menandai puncak kariernya.

Dia juga menjelaskan, album “Compton” ini akan menjadi soundtrack film Straight Outta Compton, film biopik tentang musik hiphop pada era 1988, yang dijadwalkan akan diputar di Amerika pada Jumat (14/8). Musisi lain yang juga memberi sumbangan untuk wilayahnya adalah rapper asal Senegal, Akon. Penyanyi yang terkenal lewat tembang Right Now (Na Na Na ) dari album “Freedom” ini baru saja memberikan sumbangan besar untuk Afrika melalui Akon Lighting Africa, sebuah gerakan yang memberikan listrik untuk kehidupan mereka pada Mei lalu.

Sumber daya yang digunakan untuk sumber listrik di Afrika adalah tenaga matahari. Ada juga One Direction One Direction, salah satu boy band terbesar dunia ini menyisihkan uangnya untuk memberikan bantuan kepada yayasan Stand Up To CancersebesarRp4,5 miliar.

Sementara John Legend menyumbangkan pada yayasan yang memfokuskan bantuan bagi perempuan. Donasi yang diberikan mencapai Rp6,5 miliar. Artis lainnya Beyonce. Istri Jay-Z ini memberikan donasi kepada Knowles Temenos Place Apartments sebesar Rp91 miliar untuk proyek pengerjaan perumahan.

Fatturahman Hakim
(ars)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1434 seconds (0.1#10.140)