Kosmetik Multiguna

Rabu, 12 Agustus 2015 - 08:07 WIB
Kosmetik Multiguna
Kosmetik Multiguna
A A A
KOSMETIK multiguna dengan beberapa fungsi seperti sebagai blush on dan lipstik kini makin dinikmati karena praktis dan lebih ringkas.

Menurut Katie Reedman, salah satu pendiri Slap UK, salah satu produsen kosmetik asal Inggris, seperti yang dilansir dailymail.co.uk mengatakan, make-up artist sering menggunakan satu jenis produk kosmetik yang digunakan untuk berbagai fungsi. Itu dilakukan oleh para make-up artist selama bertahun-tahun.

Kadang-kadang beberapa produk kosmetik memiliki sifat yang hampir sama, tetapi biasanya orang membeli kosmetik tersebut dalam kemasan berbeda. Contoh kosmetik yang memiliki bahan sama, tapi penggunaannya berbeda adalah maskara dan eyeliner . “Ambil sedikit tinta maskara dengan menggunakan cotton bud kecil dan terapkan di sekitar mata, khususnya sudut luar mata,” ujar Reedman.

Reedman menyatakan, eyeliner bentuk pensil ternyata juga dapat digunakan untuk pipi, bibir, dan alis. Hal tersebut bisanya dilakukan dengan teknik blending atau pembauran. “Teknik blending biasanya digunakan untuk memberikan konsistensi garis pada riasan. Namun, dibutuhkan kemampuan yang lebih untuk mengaplikasikan teknik blending ini,” ujar Reedman.

Selain eyeliner , salah satu jenis kosmetik yang juga bisa digunakan untuk blending adalah kosmetik yang berbentuk krayon. Salah satunya adalah Clinique Chubby Stick Sculpting Contour. Sesuai namanya, produk kosmetik berbentuk krayon ini berfungsi mengontur wajah sehingga tampilan wajah terlihat lebih proporsional. Selain itu, produk ini dilengkapi dua warna sekaligus, yaitu soft pink untuk highlight dan cokelat untuk shading .

Sementara itu, menurut Hendra, make-up artrist dari Yves Saint Laurent Indonesia yang ditemui beberapa waktu lalu menjelaskan bahwa foundation ternyata juga dapat digunakan pada bibir. Penggunaan foundation sebelum menggunakan lipstik dapat membuat tampilan lipstik terkesan lebih matte . “Penggunaan foundation sebelum pemulasan lipstik juga dapat melembapkan bibir sekaligus membuat warna lipstik lebih tahan lama,” ujar Hendra.

Kegunaan foundation yang multiguna kemudian dikembangkan menjadi BB pada awal 2011 di Korea Selatan. BB cream yang merupakan singkatan dari blemish balm cream atau beauty balm cream adalah semacam pelembap wajah tapi juga berfungsi sebagai foundation karena memiliki warna coverage yang dapat menghaluskan dan memperbaiki tekstur kulit.

“Tekstur BB cream terbilang lebih ringan dibandingkan foundation , tapi lebih tebal daripada tinted moisturizer ,” tutur Lisa Niven, beauty editor , dikutip vogue.co.uk . Kosmetik multiguna dikembangkan oleh supermodel cantik Lindsay Ellingson. Berdasarkan informasi yang dilansir dari allure.com , dia meluncurkan lini kosmetik pribadi bernama Wander Beauty.

Tak tanggung-tanggung, selain sebagai pendiri juga menjadi direktur kreatif untuk mengembangkan kosmetik multiguna. Untuk Wander Beauty On-the-Glow Blush and Illuminator yang dapat berfungsi sebagai blush on sekaligus highlighter. “ Selain sebagai penegas kontur, produk ini juga dapat juga diaplikasi menjadi lipstik dan eye shadow.

Lebih baik lagi, formulanya berasal dari bahan organik yang bebas bahan kimia berbahaya seperti phthalates dan paraben ,” tutur Ellingson. Perona bibir ternyata juga dapat digunakan sekaligus sebagai pewarna bibir. Hal itulah yang dilakukan oleh Baby Doll & Blush dari Yves Saint Laurent serta Benetint dari Benefit.

Keduanya sama-sama diformulasikan dengan bentuk tinta pekat berwarna cerah yang bisa digunakan sebagai blush on cair di pipi dan lip color untuk bibir. Keduanya juga sama-sama dilengkapi aplikator berbentuk kuas sehingga mudah untuk diaplikasikan.

“Perbedaan keduanya adalah warna, Baby Doll & Blush memiliki warna pink matte yang cenderung creamy, sedangkan Benetint memiliki warna merah pekat dari buah cranberry yang tidak creamy ,” ujar Sophia Panych, digital beauty editor , dilansir allure.com .

Dwi nur ratnaningsih
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4366 seconds (0.1#10.140)