Melayu-Dangdut Gaya Lima Kontestan

Jum'at, 14 Agustus 2015 - 09:46 WIB
Melayu-Dangdut Gaya Lima Kontestan
Melayu-Dangdut Gaya Lima Kontestan
A A A
SETELAH minggu lalu Ajeng tersisih, panggung X Factor Indonesia menyisakan 5 peserta. Mereka yang bertahan ini mempunyai karakter kuat dalam mengolah vokal.

Desy Natalia, Jebe & Petty, Clarisa, Ramli, dan Aldy begitu piawai menyanyikan tembang-tembang pop, R&B, rock, atau jazz. Namun, mereka belum teruji menyanyikan lagu Melayu-dangdut modern.Malam ini mereka akan mendapat tantangan yang tidak pernah disangka sebelumnya. Panggung X Factor akan menjajal kemampuan bernyanyi mereka dengan tembang-tembang berirama Melayu dangdut, lagu-lagu yang memang disukai berbagai kalangan.

Pada latihan yang digelar di Studio 8 RCTI, kemarin, kontestan terlihat serius saat berlatih. Aldy Saputra menjadi yang paling serius. Sebab kontestan asal Makassar ini tidak menguasai lagu Melayu-dangdut yang jauh dari karakter vokalnya.

“Jujur lagu dangdut modern sekarang itu saya enggak kenal sama sekali. Karenanya ini menjadi tantangan saya. Bukan hanya harus tahu atau hafal saja, tetapi bagaimana harus menjiwai lagunya dan bisa keluar dari penyanyi aslinya. Makanya lagunya dirombak, terutama aransemennya agar sesuai dengan karakter saya,” kata Aldy di sela-sela latihan.

Aldy mengakui bukan hal mudah untuk tampil membawakan lagu di luar genre, tetapi tantangan itu harus bisa ditaklukkannya agar tidak tereliminasi. Terlebih minggu lalu namanya masuk dua terbawah. “Saya akui minggu ini menjadi yang sulit banget, tapi saya ingat pesan Papa Bebi, saya harus tampil enjoy dan jujur memberikan penampilan yang terbaik di atas panggung,” ujarnya.

Ramli Nurhappi akan membawakan lagu dari film Bollywood India. Lagu dengan karakter Melayu-dangdut ini akan dijajalnya tidak hanya dengan suara yang khas, Ramli juga berani menghadirkan koreografi yang tidak biasa saat bernyanyi nanti. “Ini (tantangan) benar-benar susah. Jujur saya mengalami kesulitan minggu ini, makanya harus fokus melatih dua hal tersebut,” sebut siswa SMAN 1 Sukabumi ini.

Jika Aldy dan Ramli baru merasakan tantangan sulit, Desy Natalia bisa dibilang sebagai peserta yang selalu mendapatkan tantangan sulit dari Ahmad Dhani. Malam ini Desy akan membawakan dua lagu bertempo up beat dan slow . “Jujur aku agak waswas di lagu yang overtunes , enggak bisa meraba. Semuanya harus diseimbangkan, antara lagu, tempo. Aku juga harus kuasai koreo,” ujar Desy.

Sementara, Clarisa sadar akan kekurangannya pada nada rendah, teknik vokal, dan pendalaman ekspresi. Pada lagu Melayu-dangdut, dia mengaku belum belum bisa maksimal. Kondisi itu membuat khawatir. Tapi malam ini Clarisa berusaha mengulang kesuksesan dari penampilannya minggu lalu. Duo Jebe & Petty diminta untuk bisa mengatur napas karena tempo lagu yang akan dinyanyikannya cukup sulit. Mereka juga tidak terlalu mengenal lagu Melayudangdut.

“Jujur referensi lagi dangdut kami tidak banyak, tapi kami akan membawakan dangdut dengan karakter dan gimmick yang biasa kita bawakan di atas panggung. Jadi, nanti orang akan berpikir lagu dangdut rasa JP,” kata Jepe.

Thomasmanggalla
(ftr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5656 seconds (0.1#10.140)