Kepompong Emas untuk Perawatan Kulit

Selasa, 18 Agustus 2015 - 09:09 WIB
Kepompong Emas untuk Perawatan Kulit
Kepompong Emas untuk Perawatan Kulit
A A A
Perawatan wajah tradisional dengan menggunakan kepompong emas menjadi primadona perawatan kulit. Namun, perkembangan teknologi kecantikan, kepompong emas dikembangkan ke dalam produk perawatan yang lebih modern, yaitu deep cleanser, rejuvenation cream, brightening cream, hingga facial.

Komisaris PT Nur Hayu Nindyan dr Fredi Setyawan yang memproduksi kosmetik mengandung kepompong emas mengatakan bahwa menurut studi kedokteran, khasiat kepompong emas sangat dibutuhkan untuk kulit cantik. “Kepompong emas atau populer dengan nama royal golden cocoon mengandung zat aktif asam amino sericinyang memiliki khasiat sebagai zat aktif untuk antiaging (mengatasi penuaan dini), brightening (mencerahkan), dan moisturizer (melembapkan),” kata dr Fredi, dalam rilis yang diterima KORAN SINDO.

Perawatan kulit dengan kepompong sebenarnya sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Menurut dr Michael Prager, seorang dermatolog asal Inggris, perawatan wajah dengan menggunakan kepompong ulat sutra sebenarnya sudah digunakan oleh perempuan China dan Jepang sejak beberapa tahun lalu. “Perempuan China dan Jepang telah menggunakan khasiat dari kepompong ulat sutra sebagai pelembap selama lebih dari seribu tahun,” tutur dr Michael Prager, seperti dilansir dari Dailymail.co.uk.

Dia menyebutkan, kepompong yang dipakai untuk merawat kulit wajah adalah jenis kepompong ulat sutra yang hidup di pohon murbei dan memakan buah murbei. Jadi, bukan sembarang kepompong sutra. Kepompong emas yang dihasilkan ulat sutra emas memiliki kadar protein yang lebih tinggi dibandingkan kepompong biasa sehingga memberi nutrisi lebih optimal di kulit.

Kepompong emas tersebut terbentuk dari lapisan fibroinatau protein yang bisa membuat kulit halus dan bercahaya. “Zat fibroinmembantu melindungi kulit dari ultraviolet sehingga setelah perawatan ini kulit tentu akan tetap terjaga kesegarannya,” imbuh dr Michael Prager. Adapun Gusti Kanjeng Ratu Bendoro ( putri Sultan Hamengkubuwo no X dan GKR Hemas) menyebutkan kandungan nutrisi di dalam kepompong emas dapat membuat kulit wajah halus, sehat, dan bersih bercahaya. Manfaat kepompong emas kemudian dikemas dalam sebuah produk kecantikan modern bernama Hayyana.

“Hayyana memadukan rahasia ramuan asli keraton yang menggunakan kepompong emas dan diproses dengan nano technology, encapsulation, dan non-irritation formula yang canggih sehingga penetrasi krim ke dalam kulit wajah menjadi maksimal dan tidak iritasi,” sebut dr Fredi. Perawatan kulit dari kepompong emas kemudian dikembangkan ke dalam tiga rangkaian perawatan kulit modern, yaitu deep cleanser, brightening cream, dan rejuvenation creamyang dikombinasikan dengan berbagai bahan aktif yang sangat bermanfaat.

Deep cleansermengandung asam amino sericindan sun flower oilyang berfungsi sebagai antiaging botanical moisturizerdan mencerahkan kulit. “Kombinasi sempurna yang menjadikan kulit wajah tampak lebih bersih, cerah, segar, terawat, dan terjaga kelembapannya,” ujar dr Fredi. Rejuvenation creammerupakan krim antiwrinkleyang mengandung asam amino sericinyang berfungsi sebagai antiaging, botanical moisturizer,dan mencerahkan kulit.

“Kepompong emas dikombinasikan dengan bifida ferment lysatedapat mencegah terjadinya kerusakan kulit karena sinar ultraviolet dan ekstrak centellamembantu pembentukan kolagen sehingga efektif sebagai antiaging,” kata dr Fredi. Kepompong emas juga dikembangkan menjadi facialoleh dr Sunil Chopra dari London Dermatology Centre dan diteliti oleh India Journal of Scientific & Industrial Research.

Menurut dr Sunil Chopra, facial kepompong efektif untuk mengurangi tanda-tanda penuaan, memperbaiki tekstur kulit, mengecilkan ukuran pori, menghilangkan keriput, dan mencegah kerusakan kulit akibat sinar UV.

Dwi nur ratnaningsih
(bbg)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4722 seconds (0.1#10.140)